Implikasi Yuridis Delegasi Kewenangan Kepada Asosiasi Fintech Oleh Otoritas Jasa Keuangan Dalam Pengelolaan Data Pribadi Nasabah

Sebastian, Marvin Marudutua (2021) Implikasi Yuridis Delegasi Kewenangan Kepada Asosiasi Fintech Oleh Otoritas Jasa Keuangan Dalam Pengelolaan Data Pribadi Nasabah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai Implikasi Yuridis Delegasi Kewenangan Kepada Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dalam Pengelolaan Data Pribadi Nasabah. Dalam penulisan ini menggunakan jenis penelitian yuridis-normatif dengan pendekatan Perundang-undangan. Pada sampai saat ini AFPI dalam mengelola Fintech Data Center yang berisi data nasabah Fintech belum memiliki dasar kewenangan yang jelas, baik itu dilihat dari pelimpahan kewenangan secara atributif, delegasi, ataupun mandat, dalam mengelola FDC tersebut AFPI hanya berlandaskan surat penunjukan dari OJK Bahwa meskipun AFPI merupakan asosiasi resmi yang ditunjuk OJK terkait penunjukan asosiasi resmi LPMUBTI namun AFPI tetap bukan merupakan lembaga otoritas seperti OJK atau Bank Indonesia yang memilki wewenang untuk mengatur FDC yang merupakan sistem terintegrasi yang menampung data-data pribadi nasabah serta dapat diakses oleh penyelenggara lain. Maka haruslah dibuatkan suatu pengaturan yang memberikan kewenangan secara atributif kepada AFPI untuk mengelola data pribadi nasabah fintech pada FDC yang memiliki kekuatan hukum untuk meminimalisir maraknya praktik-praktik penjualan data pribadi nasabah oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.Dengan terdapatnya FDC tersebut tentulah harus dikaji lebih dalam bagaiman bentuk perlindungan hukum preventif terhadap data pribadi nasabah dengan adanya delegasi kewenangan kepada AFPI dalam mengelola data nasabah tersebut, sehingga terciptanya suatu perlindungan data pribadi yang berkepastian hukum.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521010080
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:31
Last Modified: 24 Feb 2022 04:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186759
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Marvin Siahaan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item