Efektivitas Surat Edaran Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Nomor 443.1/2987/Dukcapil Terhadap Pelaksanaan Pelayanan Publik Selama Pandemi Covid-19 Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Studi Di Kota Denpasar)

Putra, I Nyoman Arya Sutaprawira (2021) Efektivitas Surat Edaran Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Nomor 443.1/2987/Dukcapil Terhadap Pelaksanaan Pelayanan Publik Selama Pandemi Covid-19 Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Studi Di Kota Denpasar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peneliti mengangkat permasalahan Efektifitas Surat Edaran Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar Nomor 443.1/2987/Dukcapil Terhadap Pelayanan Publik Selama Pandemi Covid-19 Di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Latar belakang pemilihan tema tersebut dikarenakan saat pandemic covid-19 berlangsung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menerapkan Surat Edaran tersebut, surat edaran ini merubah pelayanan yang ada pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar hanya menjadi pelayanan online saja, dalam hal ini juga penerapan pelayanan publik bersifat online ini baru pertama kali diterapkan pada Kota Denpasar dan karena minimnya sosialisasi yang dilakukan membuat masyarakat menjadi bingung dalam mengakses pelayanan publik bersifat online ini. Saat Pandemic Covid-19 berlangsung data administrasi kependudukan dibutuhkan untuk mendapatkan bantuan-bantuan dari pemerintah serta hal lain yang berguna pada saat pandemic seperti ini. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini mengangkat rumusan masalah: 1. Bagaimana pengaturan pelayanan publik selama masa pandemi Covid-19 di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar? 2. Bagaimana efektifitas pelaksanaan Surat Edaran Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Nomor 443.1/2987/Dukcapil di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Denpasar? Penelitian Skripsi ini menggunakan metode Yuridis Empiris dengan menggunakan metode Yuridis Sosiologis (social legal approach). Bahan hukum primer dan sekunder yang diperoleh peneliti dianalisis dengan menggunakan teknik Analisis xii Deskriptif. Lokasi penelitian berada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar. Peneliti memperoleh jawaban atas permasalahan terkait menggunakan Data yang diberikan langsung oleh dinas terkait dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti ke lokasi secara langsung. Untuk pengaturan pelayanan public saat pandemic menggunakan Surat Edaran Direktorat Jenderal Kependudukan Nomor 443.1/2987/Dukcapil dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring. Sedangkan untuk perihal efektifitas dari penerapan Surat Edaran dianalisis menggunakan teori Efektivitas Hukum hasilnya belum dapat dikatakan efektif, karena masih banyaknya kekurangan serta perlu persiapan yang matang agar faktor-faktor yang ada dapat dikatakan efektif.

English Abstract

The author brought up a problem of Effectiveness of Circular Letter issued by Directorate General of Population and Civil Registry Number 443.1/2987/Dukcapil regarding Public Services during Covid-19 at Population and Civil Registry Office. The research was based on the current condition of pandemic where it occurs that the Office of Population and Civil Registration implements said Circular Letter, the Circular Letter thus changing the service on the Office of Population and Civil Registration Denpasar City to be an online service only. In addition, this online public service implementation was the first one in Denpasar City and tne minimum socialization has caused the public to get disorganized in accessing the online public service. During Covid-19 Pandemic, population administration data is necessary to obtain various aids from government as well as other benefits to accomodate many other things throughout the pandemic. According to the aforementioned matters, the research brought up the following problem formulations: 1. How is the regulation of public service during Covid-19 Pandemic At the Office of Population and Civil Registration Denpasar City? 2. How is the effectivity on implementation of Circular Letter Directorate General of Population and Civil Registration Denpasar City Number 443.1/2987/Dukcapil towards Public Service during Covid-19 Pandemic at the Office of Population and Civil Registration in Denpasar City? This undergraduate thesis used Juridical Empirical by using method of Juridical Sociological (social legal approach). Primary and secondary legal materials obtained by the author was analyzed using Descriptive Analysis technique. The research was located at the Office of Population and Civil Registration Denpasar City. xiv The author obtained the answers of related problems using Data that were provided immediately by related office and interviews conducted by the author in the location directly. For the regulation of public service during pandemic using Circular Letter Directorate General of Population No. 443.1/2987/Dukcapil and Regulation of Minister of Home Affairs No. 7 of 2019 about online Administration Service of Population. Meanwhile, in regards to the effectivity of implementation of Circular Letter being analyzed using Legal Effectiveness theory resulting in that it is not yet effective, as there is still a lot of drawbacks as well as careful preparation to make the existing factors become effective.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520010180
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 23 Nov 2021 07:36
Last Modified: 24 Feb 2022 03:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186748
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
I NYOMAN ARYA SUTAPRAWIRA PUTRA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item