Penegakan Hukum Terhadap Kasus Pembajakan Kapal Kargo Berbendera Singapura Di Perairan Nigeria Melalui Mahkamah Pidana Internasional

Alvaro, Mochammad Calvin De (2021) Penegakan Hukum Terhadap Kasus Pembajakan Kapal Kargo Berbendera Singapura Di Perairan Nigeria Melalui Mahkamah Pidana Internasional. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penelitian skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan penegakan hukum terhadap kasus pembajakan kapal kargo berbendera singapura di perairan Nigeria melalui mahkamah pidana internasional. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi atas terjadinya sebuah pelanggaran hukum internasional, pembajakan kapal kargo milik singapura pada perairan Nigeria yang pada perompakan ini adanya kejadian berupa penyanderaan beberapa awal kapal, hal ini merupakan sebuah pelanggaran kejahatan terhadap kemanusiaan yang dalam statute of rome lebih lanjut dijelaskan pada pasal 7 ayat 1 (e) yang berisikan “Pemenjaraan atau perampasan berat kebebasan fisik yang melanggar aturan dasar hukum internasional” Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana pengaturan mengenai pembajakan di laut lepas menurut Hukum Laut Internasional? (2) Apakah kasus Pembajakan kapal kargo milik singapura di perairan Nigeria lebih tepat untuk dimasukkan kedalam yurisdiksi pengadilan pidana internasional (International Criminal Court)? Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan (statute approach), Pendekatan Konseptual (Conseptual approach), dan pendeketan kasus (case approach). Bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan Teknik diklasifikasikan secara metode sistematis, logis dan yuridis secara kualitatif yaitu suatu metode hasil studi kepustakaan kedalam bentuk penggambaran permasalahan dengan menggunakan teori- teori dan menguraikanya dalam bentuk kalimat dan disimpulkan dengan menggunakan metode deduktif yaitu suatu cara menarik suatu kesimpulan dari dalil yang bersifat umum ke khusus dalam menyelesaikan permasalahan hukum yang menjadi obyek kajian. Dari Hasil Penelitian dapat dilihat bahwa pengaturan pembajakan menurut hukum internasional diatur dalam "Konvensi Pemberantasan Tindakan Melanggar Hukum yang Membahayakan Keselamatan Navigasi Maritim” dan "Hukum Laut Perserikatan Bangsa- Bangsa" / 1982 "Konvensi Hukum Laut", akan tetapi dalam perspektif khusus, Pengaturan bajak laut atau perompak yang berada pada laut lepas menurut hukum internasional yang ada, bahwa sesuai akan Konvensi Perserikatan Bangsa - Bangsa pada tahun 1982 mengenai Hukum Laut, dan masalah pembajakan atau perompakan pada perairan Nigeria ini tidak dapat bila dibawa melalui pengadilan yang nantinya menggunakan sebuah yurisdiksi Mahkamah Pidana Internasional. Yang dikarenakan tidak terpenuhi nya akan sebuah syarat

English Abstract

In this thesis, the author raises the issue of law enforcement in cases of hijacking a cargo ship with a Singaporean flag in Nigerian waters through an international criminal court. The choice of the theme was based from the occurrence on a violation of international law, hijacking of a cargo ship belonging to Singapore in Nigerian waters where in this piracy there was an incident in the form of taking several early ships hostage, this was a violation of crimes against humanity which in the statute of Rome is more explained in article 7 paragraph 1 (e) which contains "Imprisonment or grave deprivation of physical freedom in violation of the basic rules of international law" Based on the foregoing, this paper raises the formulation of the problem: (1) How are the regulation regarding the piracy in the high seas according to International Maritime Law? (2) Is the case of hijacking a cargo ship belonging to Singapore in Nigerian waters more appropriate to be included in the jurisdiction of the International Criminal Court? (3) How is the use of the jurisdiction of the international criminal court in resolving ship hijacking on the high seas according to the case of hijacking a cargo ship belonging to Singapore in Nigerian waters? Then the writing of this paper uses the normative juridical method with the statute approach method, the conceptual approach, and the case approach. Primary, secondary, and tertiary legal materials obtained by the author will be analyzed using techniques classified systematically, logically and juridically qualitatively, namely a method of literature study results in the form of describing problems using theories and describing them in sentence form and concluded using the method deductive, which is a way of drawing conclusions from general to specific propositions in solving legal problems that are the object of study. From the research results it can be seen that piracy regulations according to international law are regulated in the "Convention on the Eradication of Unlawful Actions that Endanger Maritime Navigation Safety" and "United Nations Law of the Sea" / 1982 "Convention on the Law of the Sea", but specifically, the regulation of pirates in high seas According to international law, namely in accordance with the 1982 United Nations Convention on the Law of the Sea. And cases of piracy in Nigerian waters cant be brought to court using the jurisdiction of the International Criminal Court, because piracy that happen in this case doesn’t fulfill some of the requirement that needed or crucial for taking it to the ICC

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521010048
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:52
Last Modified: 24 Feb 2022 04:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186721
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- MOCHAMMAD CALVIN DE ALVARO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item