Analisis Persepsi Kenyamanan Pada Karateristik Ruang Yang Terbentuk Akibat Penerapan Konsep Double Decker Di Perumahan Whelford BSD, Kota Tangerang

Riansyah, Hanif Rahma and Iwan Wibisono, ST., MT. (2021) Analisis Persepsi Kenyamanan Pada Karateristik Ruang Yang Terbentuk Akibat Penerapan Konsep Double Decker Di Perumahan Whelford BSD, Kota Tangerang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berkembangnya pembangunan perumahan yang cukup pesat membuat pengembang membuat segala cara dalam memaksimalkan lahan yang tersedia, untuk memenuhi kebutuhan ruang setiap penghuni perumahannya. Salah satu cara pengembang yang digunakan adalah penggunaan konsep double decker yang diterapkan pada perumahan, konsep ini sering ditemukan pada infratruktur seperti jalan tol, jembatan, dan rel kereta api. Dengan penerapan konsep double decker yang memisahkan antara sirkulasi kendaraan dengan area taman pada perumahan terbilang cukup baru dan menarik perhatian penghuni untuk menempati perumahan tersebut. Tetapi penerapan konsep tersebut tidak sejalan dengan ekspetasi yang dimiliki oleh penghuni, sehingga penghuni memilih untuk melakukan perubahan pada rumah mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik perumahan dengan konsep double decker dan pengaruhnya terhadap kenyamanan penghuni. Hasil penelitian yang akan diperoleh berupa analisa elemen arsitektur, elemen ruang luar, dan jawaban responden mengenai kenyamanan perumahan pada objek penelitian.

English Abstract

The rapid development of housing makes developers use every possible way to maximize useable land to fulfill the needs of housing occupants. one of the ways that developers do is by using double-decker concepts that use in a housing development. This concept is often used in infrastructure development such as intersection highways, bridges, and railroad tracks. The double-decker concept in housing means separation between roads and gardens in vertical ways is a new development and pretty interesting especially for housing occupant to live in the housing. but the use of the double-decker concept is not meet the expectation that the occupant has in the first place, so they choose to make changes in their house. This research is conduct to analyze the double-decker concept applied in housing and for the influence on the comfort of every occupant in housing. The result of this research was obtained by analyzing architectural elements, outdoor space elements, and respondent answers regarding housing comfort in the research object.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521070099
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : perumahan, karakteristik, kenyamanan, double decker
Subjects: 700 The Arts > 720 Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 08 Nov 2021 05:06
Last Modified: 15 Jun 2022 04:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186668
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- HANIF RAHMA RIANSYAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (14MB)

Actions (login required)

View Item View Item