Simulasi Kelayakan Teknis Kapal Jaring Lingkar (Purse Seine) untuk Operasional di Perairan Kepulauan Natuna ( Sunardi, ST, MT dan Eko Sulkhani Yulianto,S.Pi, M.Si)

Panjianom, Hero (2021) Simulasi Kelayakan Teknis Kapal Jaring Lingkar (Purse Seine) untuk Operasional di Perairan Kepulauan Natuna ( Sunardi, ST, MT dan Eko Sulkhani Yulianto,S.Pi, M.Si). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Potensi perikanan tangkap di perairan negara Indonesia sangat besar. Indonesia menyimpan potensi kekayaan sumberdaya kelautan yang belum dieksplorasi dan dieksploitasi secara optimal. Salah satunya potensi perikanan tangkap di perairan Natuna. Natuna bertempat di Provinsi Kepulauan Riau dengan perairannya termasuk dalah WPP 711. Kabupaten Natuna merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi sumberdaya pesisir dan laut yang sangat potensial untuk dikembangkan. Natuna masih dalam perbincangan di negara Indonesia terkait pencurian ikan dan klaim dari negara China. Perairan Natuna dapat dijadikan solusi untuk mengurangi tingkat overfishing di perairan Utara Jawa. Keselamatan juga harus diperhatikan dikarenakan kondisi di perairan Natuna dan di Utara Jawa yang berbeda. Perlu dilakukan pengkajian untuk mengetahui kelayakan teknis kapal di perairan Utara Jawa untuk beroperasi di perairan Natuna. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pemilihan lokasi di Lamongan untuk pengambilan data primer yaitu kapal sampel dan di Natuna menggunakan data sekunder sebagai lokasi yang akan diteliti kelayakan teknis kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan operasional, kelayakan teknis dari perhitungan stabilitas, dan kelayakan teknis dari perhitungan seakeeping kapal ikan purse seine Kranji ditinjau dari daerah operasional penangkapan di Kepulauan Natuna. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2021 sampai dengan Mei 2021 dimulai dengan pengajuan judul hingga penyusunan laporan skripsi. Pengambilan data primer penelitian ini bertempat di wilayah TPI Kranji, Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Data primer yang diambil adalah ukuran utama kapal serta bentuk kapal. Berdasarkan uji stabilitas, kapal yang diteliti menunjukkan nilai di atas syarat yang ditentikan IMO. Hasil yang didapatkan dari proses analisa seakeeping didominasi bahwa ABK di kapal dalam keadaan nyaman dengan kecepatan, arah gelombang dating, dan ketinggian gelombang yang telah ditentukan.berdasarkan uji tahanan dan perhitungan daya motor yang dibutuhkan menunjukkan daya motor yang digunakan kapal memenuhi daya minimum hasil perhitungan. Dari ketiga Analisa tersebut dapat dikatakan kapal purse seine layak dioperasikan di Perairan Natuna.

English Abstract

The potential for capture fisheries in Indonesian waters is very large. Indonesia has a wealth of potential marine resources that have not been explored and exploited optimally. One of them is the potential for capture fisheries in Natuna waters. Natuna is located in the Riau Islands Province with its waters including WPP 711. Natuna Regency is one of the areas that has the potential for coastal and marine resources that are very potential to be developed. Natuna is still in discussion in Indonesia regarding illegal fishing and claims from China. Natuna waters can be used as a solution to reduce overfishing rates in northern Java waters. Safety must also be considered because the conditions in Natuna waters and in North Java are different. An assessment needs to be carried out to determine the technical feasibility of ships in northern Java waters to operate in Natuna waters. This study used a descriptive method with the location selection in Lamongan for primary data collection, namely the sample ship and in Natuna using secondary data as the location to be examined for the technical feasibility of the ship. The purpose of this study was to determine the operational feasibility, the technical feasibility of the stability calculation, and the technical feasibility of calculating the seakeeping of the Kranji purse seine fishing vessel in terms of the fishing operational area in the Natuna Islands. This research was conducted from January 2021 to May 2021, starting with submitting the title to the preparation of the thesis report. The primary data collection for this research took place in the area of TPI Kranji, Paciran, Lamongan, East Java. Primary data taken is the main size of the ship and the shape of the ship. Based on the stability test, the ship under study shows a value above the conditions that IMO has determined. The results obtained from the seakeeping analysis process are dominated by the crew on the ship in a comfortable state with the speed, direction of the coming waves, and the predetermined wave height. Based on the resistance test and the calculation of the required motor power, it shows that the motor power used by the ship meets the minimum power calculation results. From the three analyzes, it can be said that purse seine vessels are feasible to operate in Natuna waters.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521080064
Uncontrolled Keywords: Kapal Purse Seine, Perairan Natuna, Analisa kelayakan,Purse Seine Ship, Natuna Harbor, Feasibility Analysis
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.95 Biological resources > 333.956 Fishes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:56
Last Modified: 22 Feb 2022 07:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186663
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hero Panjianom.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item