Analisis Metode Perhitungan Dan Pembayaran Zakat Perusahaan Pada Anak Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (Bumn) Berbasis Syariah (Studi Kasus Pada Pt Bri Syariah Tbk)

Sari, Giotika Sandya Rizkita (2020) Analisis Metode Perhitungan Dan Pembayaran Zakat Perusahaan Pada Anak Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (Bumn) Berbasis Syariah (Studi Kasus Pada Pt Bri Syariah Tbk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan salah satu pengelola sumberdaya di Indonesia. Beberapa BUMN tersebut juga memiliki anak perusahaan yang salah satunya adalah PT BRI Syariah Tbk. Karena pengelolaanya yang menggunakan sistem syariah, PT BRI Syariah perlu mengeluarkan zakat perusahaan. Meskipun pembayaran zakat perusahaan telah dilakukan oleh berbagai perusahaan-perusahaan berbasis syariah, masih terdapat permasalahan yang berkaitan dengan metode perhitungan zakat perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode perhitungan dan pembayaran zakat perusahaan yang telah dilakukan oleh PT BRI Syariah Tbk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara dan dokumentasi dalam pengambilan datanya. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Metode perhitungan zakat perusahaan yang digunakan oleh PT BRI Syariah Tbk adalah melalui perhitungan laba setelah pajak dikalikan 2,5%, sedangkan metode pembayarannya PT BRI Syariah Tbk melakukan pembayaran zakat perusahaannya melalui dua OPZ yaitu BAZNAS dan Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia yang kemudian disalurkan kepada 8 asnaf.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020486
Uncontrolled Keywords: zakat perusahaan, perhitungan, pembayaran, anak perusahaan BUMN, PT BRI Syariah Tbk.,
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Nov 2021 02:34
Last Modified: 12 Apr 2023 02:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186636
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
GIOTIKA SANDYA RIZKITA SARI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item