Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Berdasarkan Gaya Belajar dan Prinsip Universal Design of Learning (UDL) Untuk Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 12 Malang. , Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. dan Faizatul Amalia, S.Pd., M.Pd.

Cipto, Yafie Arbian (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Berdasarkan Gaya Belajar dan Prinsip Universal Design of Learning (UDL) Untuk Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 12 Malang. , Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. dan Faizatul Amalia, S.Pd., M.Pd. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SMK Negeri 12 Malang merupakan instansi pendidikan yang terus berkembang dalam mengikuti segala perkembangan teknologi informasi. Perkembangan media merupakan salah satu cara untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi dengan cara pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa sangat berpengaruh pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Gaya belajar merupakan cara siswa memahami, mengingat materi pelajaran pada proses belajar mengajar. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang ada maka dilakukan pengembangan media pembelajaran berbasis website yang dibuat menggunakan metode Waterfall dan materi pembelajaran berdasarkan prinsip Universal Design of Learning (UDL). Dalam melakukan pengembangan penulis melakukan kegiatan observasi dan wawancara yang dilakukan kepada guru multimedia SMK Negeri 12 Malang. Setelah mendapatkan hasil yang diperlukan maka akan dilakukan analisis kebutuhan yang telah diperoleh. Kemudian dilanjutkan tahap desain dari penjabaran analisis yang telah ditentukan dengan membuat desain dari media pembelajaran, materi pembelajaran, dan diagram Unified Modeling Language (UML). Selanjutnya dilakukan tahap pengembangan media pembelajaran dan juga materi pembelajaran menggunakan PHP dan MySql. Pada langkah selanjutnya dilakukan pengujian media pembelajaran berbasis website menggunakan pengujian black-box testing dimana pengujian dilakukan dengan tiga sudut pandang aktor yaitu admin, guru, dan siswa dengan jumlah pengujian yang dilakukan ada 33 kasus uji dan pengujian usability dengan hasil semua fungsional berjalan dengan baik dengan rata-rata nilai adalah 76 dan pada perhitungan System Usability Scale (SUS) termasuk dalam kategori acceptable dengan nilai baik yang memiliki arti dapat digunakan dan sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Serta dilakukan pengujian materi yang dihitung menggunakan skala likert dengan hasil rata-rata baik materi audio, video, modul hingga power point memiliki nilai lebih dari 80% yang dapat dikategorikan sangat valid dan dapat digunakan tanpa adanya revisi.

English Abstract

SMK Negeri 12 Malang is an educational institution that continues to grow in following all developments in information technology. The development of the media is one way to keep up with the development of information technology by means of learning that is adapted to the student's learning style, which greatly influences the learning activities carried out. Learning style is the way students understand, remember the subject matter in the teaching and learning process. To support existing learning activities, a website-based learning media was developed using the Waterfall method and learning materials based on the Universal Design of Learning (UDL) principle. In carrying out the development, the authors conducted observations and interviews with multimedia teachers at SMK Negeri 12 Malang. After getting the required results, a needs analysis will be carried out. Then proceed to the design stage of the analysis of the predetermined analysis by making designs of learning media, learning materials, and Unified Modeling Language (UML) diagrams. The next stage is the development of learning media and learning materials using PHP and MySql. In the next step, website-based learning media testing is carried out using black-box testing where testing is carried out with three actors' points of view, namely admin, teacher, and students with 33 test cases and usability testing with the results that all functional runs well with the average value is 76 and the System Usability Scale (SUS) calculation is included in the acceptable category with a good value which means it can be used and is in accordance with user needs. As well as testing the material calculated using a Likert scale with the average results of both audio, video, module and power point material having a value of more than 80% which can be categorized as very valid and can be used without any revision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150132
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, gaya belajar siswa, universal design of learning, waterfall, black-box testing, desain grafis percetakan, learning media, student learning styles, universal design of learning, waterfall, black-box testing, printing graphic design
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Nov 2021 01:44
Last Modified: 23 Feb 2022 03:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186522
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yafie Arbian Cipto.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item