Pengembangan Sistem Informasi E-Complaint Management (Studi Kasus : Batching Plant Produksi Beton P.T. Holcim Indonesia Regional Jawa Timur)

Evantio, Yhouga Beta (2017) Pengembangan Sistem Informasi E-Complaint Management (Studi Kasus : Batching Plant Produksi Beton P.T. Holcim Indonesia Regional Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Batching Plant PT. Holcim adalah bagian dari perusahaan PT. Holcim yang mengurus tentang distribusi produk dari PT. Holcim dan mengurus produksi produk dan jasa siap pakai dari PT. Holcim, seperti beton, konsentrat semen siap pakai, dan jasa konstruksi bangunan. Proses pemesanan produk dan jasa juga dilayani pada tingkat Batching Plant P.T. Holcim tanpa harus ke kantor pusat. Dari setiap layanan yang disediakan oleh Batching Plant P.T. Holcim, pelanggan bisa melaporkan keluhan apabila terjadi kesalahan dalam proses pelayanan kepada Batch Plant P.T. Holcim secara langsung. Permasalahannya adalah proses pencatatan komplain masih dilakukan secara manual sehingga sales kesulitan dalam menyimpan data komplain. selain itu sales juga kesulitan untuk memberitahu leader pengerjaan komplain apabila ada komplain yang masuk dan harus segera dikerjakan. Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan aplikasi CRM untuk bisa membantu sales dan leader dalam melakukan proses pelaporan komplain dengan tipe aplikasi operational CRM. Aplikasi CRM yang dibutuhkan berfungsi untuk melakukan pencatatan komplain secara otomatis. Selain itu dibutuhkan aplikasi CRM untuk melakukan pemberitahuan kepada leader apabila komplain baru telah masuk dan harus dikerjakan oleh leader tersebut. Sistem yang dibuat memiliki fitur-fitur seperti menyimpan komplain baru, memberikan notifikasi kepada leader, dan memanajemen data komplain. Dalam pengembangannya metode yang digunakan untuk mengembangkan sistem menggunakan framework codeigniter. Kemudian sistem akan diuji dengan menggunakan konsep White-Box dengan metode Basis Path Testing dan Integration Testing, dan diuji menggunakan konsep Black-Box dengan menggunakan metode User Acceptance Testing untuk menguji apakah sistem diterima oleh pengguna, dan Utility Testing untuk menguji tingkat keberhasilan sistem dalam memenuhi kebutuhan pengguna.

English Abstract

Batching Plant PT. Holcim is a part of PT. Holcim which handles the distribution production of PT. Holcim’s products, such as concrete, ready to use cement concentrate, and building construction services. Customers can order the products and services at Batching Plant P.T. Holcim without having to go to headquarters of P.T Holcim. From each service provided by Batching Plant P.T. Holcim, customers can report complaints due to errors from service process to Batch Plant P.T. Holcim directly. The problem is the process of recording complaints are still done manually so it's difficult for sales to accommodate the complaints data. In addition, sales are also difficult to tell the leader of the job complaint if there are new complaints coming in and must be done immediately. thus, CRM apllication is needed to assist sales and leaders in performing complaint reporting processes. The CRM application needed to record the complaint automatically. In addition, CRM application is required to help sales inform to the leader that new complaint must be done immediately. Later on, the system has features such as make new complaints, make notification to the leader, and managing complaint data. In its development the method used to develop the system using codeigniter framework. Then the system will be tested using White-Box concept with Base Path Testing and Integration Testing method, and then system will be tested using Black-Box concept with User Acceptance Testing method for user-accepted system, and Utility Testing for success level in fulfilling user's need.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/553/051707874
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management (CRM), operational CRM, manajemen komplain, Codeigniter
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.068 Information technology--Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 29 Aug 2017 08:30
Last Modified: 01 Oct 2020 04:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1865
[thumbnail of Yhouga Beta Evantio.pdf]
Preview
Text
Yhouga Beta Evantio.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item