Optimasi Penjadwalan Pekerja Shift Di Rumah Makan Cepat Saji (Fast Food Restaurant) Menggunakan Algoritma Genetika (Studi Kasus: Warung Gunung Di Kediri), Imam Cholissodin, S.Si., M.Kom dan Bayu Rahayudi, S.T., M.T

Ananti, Ellita Nuryandhani (2021) Optimasi Penjadwalan Pekerja Shift Di Rumah Makan Cepat Saji (Fast Food Restaurant) Menggunakan Algoritma Genetika (Studi Kasus: Warung Gunung Di Kediri), Imam Cholissodin, S.Si., M.Kom dan Bayu Rahayudi, S.T., M.T. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah makan cepat saji merupakan salah satu bisnis di bidang kuliner yang perkembangannya sangat pesat saat ini. Tenaga kerja sangat berperan penting dalam melakukan pelayanan terhadap pembeli di mana hal tersebut juga dapat mempengaruhi pendapatan dan juga mendukung perekonomian suatu bisnis rumah makan salah satunya adalah Warung Gunung (Wagu) di Kediri. Di Wagu sendiri terdapat pembagian job desc yang berbeda-beda pada setiap kelompok pekerja. Saat melakukan penjadwalan dengan cara manual membutuhkan waktu yang cukup lama dan rentan dengan kesalahan manusia (human error). Maka dari itu, diperlukan penjadwalan pekerja secara komputerisasi untuk melakukan kegiatan produksi dan pelayanan terhadap konsumen dengan efektif dan efisien. Pada penelitian ini, proses penjadwalan dilakukan dengan menggunakan metode Algoritma Genetika dimulai dari representasi kromosom terhadap kode pekerja dan divisi, kemudian melakukan proses tukar silang dan mutasi untuk mendapatkan keturunan baru yang kemudian digunakan dalam proses seleksi untuk generasi selanjutnya. Berdasarkan pengujian dari beberapa parameter yang telah dilakukan menghasilkan solusi yang paling optimal tanpa ada pelanggaran pada penjadwalan pekerja shift dengan menghasilkan rata-rata nilai fitness terbesar adalah 1 yang terdapat pada ukuran populasi sebesar 520, jumlah generasi 450, dan kombinasi cr dan mr adalah 0,6:0,4.

English Abstract

Fast food restaurants are one of the businesses in the culinary field that are developing very rapidly at this time. The workforce plays an important role in providing services to buyers where it can also affect income and also support the economy of a restaurant business, one of which is Warung Gunung (Wagu) in Kediri. In Wagu itself, there are different job descriptions for each group of workers. When scheduling manually, it takes a long time and is prone to human error. Therefore, it is necessary to schedule computerized workers to carry out production and service activities to consumers effectively and efficiently. In this study, the scheduling process is carried out using the Genetic Algorithm method starting from the chromosome representation of the worker and division code, then carrying out the process of cross-exchange and mutation to get new offspring which are then used in the selection process for the next generation. Based on the testing of several parameters that have been carried out, it produces the most optimal solution without any violation of shift worker scheduling by producing the largest average fitness value is 1 which is contained in a population size of 520, the number of generations is 450, and the combination of cr and mr is 0,6:0.4.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150079
Uncontrolled Keywords: algoritma genetika, optimasi, penjadwalan pekerja shift, rumah makan cepat saji. genetic algorithm, optimization, shift workers scheduling, fast food restaurants.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Nov 2021 02:32
Last Modified: 24 Feb 2022 04:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186372
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ellita Nuryandhani Ananti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item