Perancangan Prototype Antarmuka Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Wanita Tutur Mandiri Desa Sooko Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) Pembimbing: Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. dan Welly Purnomo, S.T., M.Kom.

Dhewanty, Civica Moehaimin (2021) Perancangan Prototype Antarmuka Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Wanita Tutur Mandiri Desa Sooko Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) Pembimbing: Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. dan Welly Purnomo, S.T., M.Kom. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Koperasi Wanita Tutur Mandiri memiliki unit jasa simpan pinjam yang mengelola mengenai semua urusan simpan pinjam yang dilakukan oleh anggota Koperasi Wanita Tutur Mandiri. Sampai saat ini, Koperasi Wanita Tutur Mandiri hanya melakukan pencatatan dengan cara manual terkait data-data anggota koperasi diantaranya yaitu data mengenai simpanan dan pinjaman. Jadi data simpanan dan pinjaman anggota koperasi hanya dicatat pada kertas nota ataupun buku. Hal ini dapat memungkinkan adanya data yang dituliskan mengalami kesalahan ataupun kehilangan data. Koperasi Wanita Tutur Mandiri juga pernah akan mengimplementasikan sebuah sistem tetapi sistem informasi tersebut tidak jadi diimplementasikan. Alasannya dikarenakan pengurus dan pengawas koperasi kesulitan untuk menggunakannya, terlalu kompleks dan tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pihak pengurus dan pengawas koperasi. Jadi pengurus koperasi memerlukan sebuah prototype yang akan digunakan untuk pencatatan data mengenai simpanan dan pinjaman. Untuk dapat menghasilkan sebuah prototype, maka perlu melakukan proses perancangan antarmuka sistem informasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai perancangan prototype antarmuka sebuah sistem informasi dengan menggunakan metode Human Centered Design (HCD) yang nantinya dapat memberikan pengenalan, penjelasan dan gambaran awal mengenai bagaimana pengurus koperasi mengelola data simpanan dan pinjaman. Metode Human Centered Design (HCD) yaitu sebuah proses yang dilakukan untuk melakukan perancangan prototype antarmuka yang fokus utama nya yaitu manusia atau human. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan studi literasi, perencanaan proses Human Centered Design (HCD), menentukan konteks penggunaan, menspesifikasikan kebutuhan dan persyaratan pengguna dan organisasi, membuat desain solusi dan prototype, melakukan evaluasi desain solusi dan prototype, serta memperbaiki desain solusi dan prototype. Pembuatan desain solusi dan prototype menggunakan tools Figma dan melakukan evaluasi desain solusi dan prototype menggunakan cara Focus Group Discussion (FGD). Hasil dari proses ini yaitu terdapat 16 poin desain yang harus di evaluasi. Oleh karena itu dilakukanlah iterasi untuk memperbaiki desain solusi dan prototype yang telah dibuat. Hasil dari perbaikan desain solusi dan prototype itulah yang menjadi hasil akhir penelitian ini.

English Abstract

Tutur Mandiri Women's Cooperative has a savings and loan service unit that manages all savings and loan matters carried out by Tutur Mandiri Women's Cooperative members. Tutur Mandiri Women's Cooperative has only recorded manual data regarding cooperative members, including data on savings and loans. So the data on savings and loans of cooperative members are only recorded on paper notes or books. This can allow the data written to experience errors or loss of data. Tutur Mandiri Women's Cooperative has also been going to implement a system but the information system has not been implemented. The reason is that cooperative managers and supervisors find it difficult to use it, it is too complex and not following what is needed by cooperative managers and supervisors. So the cooperative management needs a prototype that will be used for recording data on savings and loans. To be able to produce a prototype, it is necessary to carry out the process of designing an information system interface. Based on these problems, research was carried out on designing an information system interface prototype using the Human-Centered Design (HCD) method which later can provide an introduction, explanation, and initial description of how cooperative administrators manage savings and loan data. The Human-Centered Design (HCD) method is a process carried out to design an interface prototype whose main focus is human or human. This research was conducted by conducting literacy studies, planning the Human-Centered Design (HCD) process, determining the context of use, specifying the needs and requirements of users and organizations, designing solutions and prototypes, evaluating solution designs and prototypes, and improving the design of solutions and prototypes. Making solution designs and prototypes using Figma tools and evaluating solution designs and prototypes using the Focus Group Discussion (FGD) method. The result of this process is that 16 design points must be evaluated. Therefore iteration is carried out to improve the solution design and prototype that has been made. The results of the improved design solutions and prototypes are the final results of this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150070
Uncontrolled Keywords: koperasi wanita, simpan pinjam, prototype, antarmuka, human centered design, figma, design guidelines & standarts, focus group discussion, women's cooperatives, savings and loans, prototypes, interfaces, human-centered design, figma, design guidelines & standards, focus group discussion
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:29
Last Modified: 24 Feb 2022 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186342
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Civica Moehaimin Dhewanty.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (17MB)

Actions (login required)

View Item View Item