Peranan Bmt Pesantren Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Sumber Pucung (Study Kasus Bmt Pesantren Rakyat Al Amin Sumberpucung Kabupaten Malang)

Rohman, M Anggi Fa’izur (2020) Peranan Bmt Pesantren Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Sumber Pucung (Study Kasus Bmt Pesantren Rakyat Al Amin Sumberpucung Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai alat untuk meningkatkan kesejahteraan dan meminimalisir ketimpangan sosial di tengah masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Adanya BMT diharapkan mampu mendorong sektor usaha mikro dan kecil. Dan sebagai lembaga keuangan yang menjunjung nilai sosial dan memiliki nilai islam didalamnya, BMT diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang terus mengakar di Indonesia. Dalam praktek penggunaan dana pembiayaan oleh anggota BMT sebagian besar mempergunakannya untuk tambahan modal usaha, meskipun ada sebagian kecil menggunakan untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif. Hal ini menunjukan tingkat kemauan anggota untuk terus mengembangkan usaha yang telah dijalaninya setelah menjadi anggota BMT. Permasalahan selanjutnya adalah meningkatkan kualitas SDM kita, yang ditinjau masih cukup tinggi tingkat pengangguran. Dilihat dari data BPS, yang sudah siap untuk bekerja dan masih belum mempunyai pekerjaan sebanyak 50,1%. Dan ini akan terus meningkat jika sejalan dengan lapangan pekerjaan yang sulit didapat dan kurangnya kemampuan atau skill bekerja pada masyarakat itu sendiri. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut dengan cara memberdayakan masyarakat. Pemerdayaan masyarakat adalah bagian dari membangun suatu perekonomian negara. Secara konseptual pemberdayaan masyarakat dapat selaras mengangkat harkat martabat lapisan masyarakat yang dalam kondisi sekarang tidak lepas dari jeratan kemiskinan dan keterbelakangan. Dari segala pemberdayaan ini ditujukan kepada masyarakat sendiri, karena masyarakat merupakan pelaku pemberdayaan tersebut. Dalam kinerjanya keberadaan BMT telah berperan dalam memberdayakan ekonomi masarakat secara tidak langsung. Hal ini terlihat dari perkembangan usaha dari beberapa anggota yang semakin meningkat, selain itu mereka juga lebih mengetahui cara untuk mengelola keuangan yang tidak melanggar hukum negara dan hukum agama. Adapun upaya BMT dalam memberdayakan ekonomi masyarakat dengan melakukan pemantauan progress usaha anggota pembiayaan secara berkala dan penyelenggaraan pengajian secara rutin setiap minggunya yang dijadikan sebagai sarana silaturahmi pihak BMT dengan anggotanya. Dan meningkatnya SDA seiring waktu.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020459
Uncontrolled Keywords: Ketimpangan Sosial, BMT, Pengangguran, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Nov 2021 00:43
Last Modified: 12 Apr 2023 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186340
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- M ANGGI FA'IZUR ROHMAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item