Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan Kontrol Perilaku Persepsian Terhadap Minat Menyusun Laporan Keuangan Berbasis Sak Emkm (Studi Pada Sentra Industri Keripik Dan Tempe Sanan)

Nugraha, I Gede Wahyu Cahya (2021) Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan Kontrol Perilaku Persepsian Terhadap Minat Menyusun Laporan Keuangan Berbasis Sak Emkm (Studi Pada Sentra Industri Keripik Dan Tempe Sanan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SAK EMKM adalah standar akuntansi keuangan yang diterbitkan oleh DSAK IAI untuk memudahkan UMKM menyusun laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku persepsian terhadap minat menyusun laporan keuangan berbasis SAK EMKM. Data penelitian ini diperoleh dari pemilik UMKM pada Sentra Industri Keripik dan Tempe Sanan Kota Malang dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan alat bantu berupa kuesioner yang disebarkan secara daring untuk mengumpulkan data responden. Data yang dapat diolah dalam penelitian ini adalah sebanyak 66 kuesioner atau 80,5% dari jumlah kuesioner yang disebarkan oleh peneliti. Alat yang digunakan untuk menguji hubungan antarvariabel adalah Partial Least Square dengan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat menyusun laporan keuangan berbasis SAK EMKM dipengaruhi oleh sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku persepsian.

English Abstract

SAK EMKM refers to a Financial Accounting Standard issued by DSAK IAI, designed for MSME to easily prepare their financial statements. This study aims to examine the effect of attitude, subjective norm, and perceived behavioral control on the intention of preparing SAK EMKM-based financial statements. The samples are acquired from the owners of MSMEs at Sentra Industri Keripik dan Tempe Sanan through purposive sampling method by using survey method with questionnaires distributed online. The processed data in this study include 66 questionnaires or 80.5% of the total distributed questionnaires analyzed by Partial Least Square utilizing SmartPLS. The results indicate that the intention of preparing SAK EMKM-based financial statement is influenced by attitude, subjective norm and perceived behavioral control.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 05021020052
Uncontrolled Keywords: Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku Persepsian, Minat Perilaku, Laporan Keuangan, SAK EMKM, Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavior Control, Behavioral Intention, Financial Statement, SAK EMKM.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:29
Last Modified: 24 Feb 2022 01:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186325
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- I GEDE WAHYU CAHYA NUGRAHA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item