Analisis Pembangunan Ekonomi Dan Pengeluaran Rumah Tangga Dalam Perspektif Islam (Studi Pada Masyarakat Di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika)

Hakim, Ety Herawati (2020) Analisis Pembangunan Ekonomi Dan Pengeluaran Rumah Tangga Dalam Perspektif Islam (Studi Pada Masyarakat Di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis bagaimana dampak pembangunan ekonomi terhadap tingkat pengeluaran rumah tangga dalam perspektif Islam yang diimplementasikan dengan infaq masyarakat di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi probit dengan variabel dependen berbentuk dikotomi atau biner. Sedangkan variabel independennya berbentuk normal dan dummy. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer yang didapatkan melalui pengisian kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa dari keenam variabel yang mempengaruhi tingkat pengeluaran infaq, terdapat hanya empat variabel yang secara signifikan memberikan pengaruh, yakni variabel jumlah tanggungan keluarga (X1), tingkat pendidikan (X2), jumlah pendapatan (X3), dan keterlibatan dalam organisasi agama (D2). Sedangkan variabel keterlibatan dalam KEK (D1) dan interaksi pendapatan dengan keterlibatan dalam KEK (X3D1) tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengeluaran infaq. Artinya, pembangunan ekonomi melalui KEK Mandalika secara mikroekonomi (household/agama) tidak menyebabkan peningkatan pengeluaran rumah tangga dalam persfektif Islam yang diimplementasikan oleh infaq meningkat, walaupun dari aspek makroekonomi, pembangunan KEK Mandalika sudah memberikan sedikit kontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020454
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Ekonomi, Pengeluaran Rumah Tangga Perspektif Islam, KEK Mandalika, Infaq
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Nov 2021 01:29
Last Modified: 12 Apr 2023 02:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186292
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- Ety Herawati Hakim.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item