Analisis Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, Jumlah Penduduk, dan Upah Minimum Kabupaten/Kota Terhadap Tingkat Pengangguran di Malang Raya

Setyaningrum, Zakiyah Addini (2016) Analisis Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, Jumlah Penduduk, dan Upah Minimum Kabupaten/Kota Terhadap Tingkat Pengangguran di Malang Raya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengangguran merupakan sebuah gambaran ketidakmampuan pasar kerja pada wilayah tertentu dalam menyerap angkatan kerja yang tersedia. Rata- rata tingkat pengangguran di Malang Raya sebesar 5,27%. Menurut informasi dari Badan Pusat Statistik bahwa tingkat pengangguran yang normal di suatu wilayah ialah tidak lebih dari 4%. Dari fenomena yang ada dapat dilihat bahwa terjadi ketimpangan antara pertumbuhan ekonomi dengan tingkat pengangguran yang ada di Malang Raya. Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu menganalisis pengaruh produk domestik regional bruto, jumlah penduduk, upah minimum Kabupaten/Kota terhadap tingkat pengangguran di Malang Raya tahun 2004-2013. Variabel dependen dalam penelitian ini tingkat pengangguran, dan variabel independen penelitian ini adalah PDRB, jumlah penduduk, dan upah minimum kabupaten/kota. Data yang digunakan merupakan data panel dengan mengambil wilayah penelitian Malang Raya yang mencakup Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu dengan runtut waktu 10 tahun (2004-2013). Sumber data yang digunakan berasal dari studi pustaka, BPS, jurnal, dan penelitian terdahulu. Data tersebut diolah dengan menggunakan analisis Random Effect Model (REM) menggunakan software STATA 10 dalam pemgoperasiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel PDRB (X1) berpengaruh signifikan positif terhadap tingkat pengangguran (Y). Variabel jumlah penduduk (X2) berpengaruh signifikan negatif terhadap tingkat pengangguran (Y). Variabel upah minimum kabupaten/kota (X3) berpengaruh signifikan negatif terhadap tingkat pengangguran (Y).

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengangguran, PDRB, Jumlah Penduduk, Upah Minimum Kabupaten/Kota
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:06
Last Modified: 28 Oct 2021 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186175
[thumbnail of Zakiyah Addini Setyaningrum.pdf.pdf]
Preview
Text
Zakiyah Addini Setyaningrum.pdf.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item