Komposisi Hasil Tangkapan Hiu yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Muncar Banyuwangi

Rizki Damayanti, Nofita (2021) Komposisi Hasil Tangkapan Hiu yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Muncar Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Muncar, Banyuwangi merupakan salah satu sentra pendaratan hiu dari beberapa macam famili antara lainnya Alopiidae, Carcharhinidae, Hemigaleidae, Triakidae, Sphyrnidae, Scyliorhinidae, Centrophoridae, Hemiscylidae, Orectolobidae, Lamnidae, Squalidae. di Provinsi Jawa Timur. Penangkapan akan hiu akan terus menerus dilakukan karena permintaan pasar dan konsumen yang semakin meningkat. Jika eksploitasi terus dilakukan maka spesies hiu tersebut terancam punah, sehingga perlu untuk melakukan kajian lebih lanjut mengenai hiu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui masing-masing spesies, status konservasi, komposisi hasil tangkapan, dan keanekaragaman spesies yang didaratkan di PPP Muncar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Selama penelitian didapatkan 350 ekor hiu yang meliputi 27 spesies dari 12 genus dan termasuk kedalam 11 famili. Berdasarkan status konservasi IUCN, 2 spesies CR, 2 spesies EN, 13 spesies NT, 3 spesies VU, 4 spesies DD, dan 1 spesies LC. Berdasarkan status CITES 6 spesies hasil tangkapan hiu termasuk kedalam Apendiks II CITES. Terdapat 5 spesies yang dilindungi penuh oleh pemerintah nasional. Indeks keanekaragaman pada bulan Januari – Maret relatif sedang , indeks dominasi pada bulan Januari – Maret tidak ada yang mendominasi di setiap spesies, dan indeks keseragaman pada bulan Januari – Maret relatif merata di setiap spesiesnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.95 Biological resources > 333.956 Fishes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 27 Oct 2021 06:37
Last Modified: 24 Feb 2022 04:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186124
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nofita Rizki Damayanti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item