Status Hukum Perjanjian Artemis Accords Yang Dibentuk Oleh Nasa Berdasarkan Hukum Ruang Angkasa Internasional

Arifani, Diza (2021) Status Hukum Perjanjian Artemis Accords Yang Dibentuk Oleh Nasa Berdasarkan Hukum Ruang Angkasa Internasional. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis status hukum perjanjian Artemis Accords terhadap Hukum Ruang Angkasa Internasional dan implikasi hukum perjanjian Artemis Accords terhadap Negara anggota Outer Space Treaty 1967. Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu jenis penelitian yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan (statute approach). Teknik penelusuran bahan hukum dilakukan dengan penelusuran terhadap studi kepustakaan maupun studi dokumentasi yang didapat melalui perpustakaan dan internet. Teknik analisis bahan hukum menggunakan teknik deskriptif-analisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa perjanjian Artemis Accords adalah perjanjian yang inovatif dan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki Outer Space Treaty 1967. D¬¬isamping itu, Artemis Accords tidak sah karena beberapa ketentuan yang ada di dalam perjanjian Artemis Accords menyimpang dari prinsip-prinsip Hukum Ruang Angkasa Internasional berdasarkan pada Outer Space Treaty 1967 dan Moon Agreement terutama prinsip freedom of exploration and use dan prinsip non-appropriation. Beberapa ketentuan dalam perjanjian Artemis Accords ada yang menyimpang dari prinsip Hukum Ruang Angkasa Internasional terkait pembagian data ilmiah, penetapan zona aman, dan ekstraksi sumber daya ruang angkasa. Penyimpangan itu lah yang membuat Artemis Accords bisa dibatalkan berdasarkan Pasal 46 dan 53 Konvensi Wina 1969 dan prinsip jus cogens yang bisa diberlakukan untuk Artemis Accords. Perjanjian Artemis Accords akan lebih mementingkan Negara-Negara anggota yang melakukan kegiatan ruang angkasa di bawah Artemis Accords. Prosesnya juga dapat menimbulkan kesenjangan antara Negara maju dengan Negara berkembang dalam hal pembagian manfaat yang diperoleh dari kegiatan eksplorasi sumber daya ruang angkasa. "

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052101
Uncontrolled Keywords: Artemis Accords, Outer Space Treaty 1967, Hukum Ruang Angkasa Internasional, Prinsip-Prinsip Hukum Ruang Angkasa Internasional "
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username lilik
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:40
Last Modified: 25 Feb 2022 05:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186111
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FH_DIZA ARIFANI_165010107111062 - Diza Arifani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item