Faktor Penyebab Tidak Efektifnya Pasal 92 Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Tangerang di Zonasi Kawasan Sungai Cisadane (Studi kasus di Kelurahan Sukasari dan Kelurahan Babakan)

Rifatkha, Diva (2021) Faktor Penyebab Tidak Efektifnya Pasal 92 Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Tangerang di Zonasi Kawasan Sungai Cisadane (Studi kasus di Kelurahan Sukasari dan Kelurahan Babakan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Kota Tangerang memiliki keterbatasan ruang dengan diikuti kepadatan penduduk, sehingga diperlukan perencanaan pengaturan peruntukkan pemanfaatan ruang agar teciptanya keseimbangan ekologis Kota Tangerang. Pengaturan mengenai pemanfaatan ruang Kota Tangerang diatur di dalam Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Tangerang. Peraturan peruntukkan pemanfaatan ruang di Wilayah Kota Tangerang terbagi menjadi beberapa Zonasi, diantaranya adalah Zonasi Kawasan Sungai Cisadane. Pengaturan pemanfaatan atas Zonasi Kawasan Sungai Cisadane diatur di dalam Pasal 92 ayat (1) dan menjelaskan mengenai kegiatan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di Kawasan tersebut. Akan tetapi implementasi dari peraturan Zonasi Kawasan Sungai Cisadane belum sepenuhnya sesuai dengan peruntukkan yang telah diatur di dalam Pasal 92 ayat (1). Dalam hal ini penulis akan membahas mengenai efektivitas dan faktor yang menyebabkan tidak efektifnya Pasal 92 ayat (1) terhadap pemanfaataan Zonasi Kawasan Sungai Cisadane di Kelurahan Sukasari dan Kelurahan Babakan, sehingga dapat menganalisis upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang sebagai pengendali atas pemanfaatan ruang dan menemukan solusi agar permasalahan atas peruntukkan pemanfaatan yang dilakukan di zonasi Kawasan Cisadane dapat berjalan sesuai dengan peruntukkan pemanfaatan yang telah diatur di dalam peraturan zonasi Kawasan sungai cisadane. Penulis menggunakan metode penelitian yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka penulis dapat memperoleh hasil bahwa implementasi dari pasal 92 ayat (1) peraturan daerah nomor 6 tahun 2019 tentang perubahan atas rencana tata ruang Wilayah kota tangerang tidak berjalan efektif hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor sehingga pemerintah kota Tangerang perlu bertindak dan memberikan solusi agar permasalahan atas ketidak efektivitasan dari peraturan pemanfaatan zonasi Kawasan sungai cisadane dapat sesuai dengan peruntukkan yang telah diatur."

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052101
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username lilik
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:36
Last Modified: 24 Feb 2022 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186108
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FH_DIVA RIFATKHA_175010101111029 - Diva Rifatkha.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item