ANALISIS KELAYAKAN USAHA OLAHAN LELE (Clarias sp.) PADA USAHA “RUMAH ABON MADIUN” DI DESA JIWAN, KECAMATAN JIWAN, KABUPATEN MADIUN, PROVINSI JAWA TIMUR

Adriyanti, Raihan (2021) ANALISIS KELAYAKAN USAHA OLAHAN LELE (Clarias sp.) PADA USAHA “RUMAH ABON MADIUN” DI DESA JIWAN, KECAMATAN JIWAN, KABUPATEN MADIUN, PROVINSI JAWA TIMUR. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Di dalam UMKM perlu dilakukan sebuah analisis kelayakan usaha untuk mengetahui seberapa layak usaha tersebut untuk dijalankan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2021. Lokasi penelitian dilakukan di Jalan Sendang Beji No. 05 RT 03 RW 02, Desa Jiwan, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur, dengan tujuan untuk menganalisis kelayakan usaha yang dilihat dari segi aspek nonfinansial, finansial serta analisis sensitivitas usaha. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif. Kondisi kelayakan usaha di Rumah Abon Madiun ditinjau dari segi aspek non-finansial menunjukkan bahwa usaha ini layak dan baik untuk dijalankan, namun ada beberapa hal yang perlu dievaluasi dalam jalannya usaha tersebut. Kondisi kelayakan yang ditinjau dari segi aspek finansialnya, usaha olahan lele di Rumah Abon Madiun ini dapat dikatakan layak atau menguntungkan, dilihat dari aspek finansial jangka pendek maupun aspek finansial jangka panjang. Hasil analisis sensitivitas pada Rumah Abon Madiun, diketahui dari hasil analisis sensitivitas variabel dengan tingkat kepekaan yang tinggi yaitu ketika benefit turun sebesar 54%. Artinya dengan tingkat sensitivitas tinggi arus kas perusahaan dipengaruhi oleh perubahan dari variabel ketika mengalami benefit turun sedangkan variabel-variabel lain dianggap tetap atau tidak berubah. Kata kunci: Analisis Kelayakan Usaha, Aspek Non-Finansial, Aspek Finansial, Sensitivitas Usaha"

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Uncontrolled Keywords: Analisis Kelayakan Usaha, Aspek Non-Finansial, Aspek Finansial, Sensitivitas Usaha"
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:36
Last Modified: 23 Feb 2022 02:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186089
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Raihan Adriyanti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item