Rancang Bangun Monitoring Faktor Tumbuh Tanaman Pertanian Menggunakan WSN Berbasis Nodemcu Untuk Desa Bumiaji

Yusuf Firmansyah, Moh. (2021) Rancang Bangun Monitoring Faktor Tumbuh Tanaman Pertanian Menggunakan WSN Berbasis Nodemcu Untuk Desa Bumiaji. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Abstrak – Desa Bumiaji yang merupakan obyek agrowisata nasional, menemui berbagai masalah dalam pengoperasiannya, baik dari sektor agrikulturnya, maupun dari sektor wisatanya. Salah satu masalah yang ada di sektor agrikulturnya adalah mengenai pengawasan tanaman pertanian pada lahan yang luas. Masalah ini dapat diselesaikan dengan menggunakan teknologi Wireless Sensor Network, dimana node sensor disebarkan pada titik-titik lahan yang ingin di-monitoring. Hal-hal yang di-monitoring adalah beberapa faktor tumbuh tanaman pertanian meliputi kelembaban tanah, suhu dan kelembaban udara, serta intensitas cahaya. Hasil perancangan WSN dibagi menjadi dua bagian, yaitu sink node dan node sensor. Sink node bertugas menerima data hasil pembacaan node sensor yang tersebar di lahan pertanian. NodeMCU digunakan sebagai mikrokontroler utama dalam penelitian ini karena petani sudah familiar dengan modul tersebut. Komponen yang digunakan oleh sink node adalah NodeMCU sebagai mikrokontroler, Real Time Clock yang digunakan untuk menambahkan timestamp pada data serta Buzzer sebagai indikator data masuk. Pada node sensor, selain menggunakan NodeMCU sebagai mikrokontroler utama, terdapat multiplekser 74HC4051, sensor kelembaban tanah kapasitif, sensor DHT11, sel surya, baterai lithium-ion, modul TP4056, rangkaian power gating, dan boost converter 5V.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052107
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.38 Electronics, communications engineering > 621.381 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 26 Oct 2021 18:20
Last Modified: 24 Sep 2024 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186069
[thumbnail of MOH. YUSUF FIRMANSYAH.pdf] Text
MOH. YUSUF FIRMANSYAH.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item