Evaluasi Kinerja Jalur Pejalan Kaki Kawasan Alun-Alun Sidoarjo

Kresna Fresdatama, Helanda (2021) Evaluasi Kinerja Jalur Pejalan Kaki Kawasan Alun-Alun Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Kawasan alun – alun Sidoarjo merupakan salah satu kawasan yang strategis yang terdapat di Kabupaten Sidoarjo. Kawasan alun-alun memiiki panjang jalur pejalan kaki di kawasan alun – alun Sidoarjo 1,6 km, tetapi kondisi kinerja operasionalnya tidak sesuai standar dan pejalan kaki tidak dapat menikmati pelayanan dengan maksimal karena tidak nyaman, tidak merasa aman, dan pejalan kaki banyak yang memilih berjalan di badan jalan. Berdasarkan kondisi permasalahan pada lokasi studi dan termasuk dalam kawasan strategis, penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan kinerja jalur pejalan kaki guna menunjang perencanaan pada koridor jalan tersebut. Metode yang digunakan untuk kinerja operasional ditinjau dari geometri, kondisi kerusakan, fasilitas pelengkap, dan level of service, sedangkan kinerja pelayanan menggunakan analisis kano yang menghasilkan atribut prioritas, serta menggunakan analisis QFD (Quality Function Deployment) yang menghasilkan arahan perbaikan dan prioritas peningkatan kinerja. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa strategi perencanaan rekomendasi, diantaranya yaitu merenovasi lebar jalur hijau, memperbaiki tinggi pembatas jalur pejalan kaki dengan jalur hijau, merenovasi jalur pejalan kaki dengan menambah ubin bertekstur sebagai jalur pemandu, merenovasi jalur pejalan kaki, merenovasi kerusakan permukaan jalur pejalan kaki, menyediakan fasilitas pagar pembatas berupa bolar, memasang rambu dilarang parkir dan juga rambu dilarang berjualan diatas trotoar, menyediakan ramp dan fasilitas pegangan tangan, menambahan lampu penerangan, menambah tempat duduk, menanam tanaman jacaranda atau gelam karena diameternya sesuai dengan kondisi lebar jalur pejalan kaki, merelokasi pedagang kaki lima, menambah tempat sampah, memindahkan fasilitas yang mengganggu badan jalur pejalan kaki, dan mewarnai kembali rambu yang sudah rusak. Kata Kunci : Jalur-Pejalan-Kaki, Kinerja-Operasional, Kinerja-Pelayanan, Model-kano, Quality-Function-Development-Analysis "

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052107
Uncontrolled Keywords: Jalur-Pejalan-Kaki, Kinerja-Operasional, Kinerja-Pelayanan, Model-kano, Quality-Function-Development-Analysis "
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 26 Oct 2021 17:08
Last Modified: 24 Feb 2022 02:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186062
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Skripsi_FT_Helanda Kresna Fresdatama_145060601111048 - tama fresda.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (24MB)

Actions (login required)

View Item View Item