Analisis Impor Garam di Indonesia dengan Sistem Dinamik

Afif Alvan, Muhammad (2021) Analisis Impor Garam di Indonesia dengan Sistem Dinamik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di indonesia garam merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat. Garam di bedakan menjadi dua yaitu garam konsumsi dan garam industri. Kebutuhan garam di setiap tahunnya mengalami peningkatan terutama untuk garam industry. Kebijakan impor garam di ambil pemerintah untuk memenuhi kebutuhan garam di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis trend dan hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi impor garam dan menguji tingkat sensitivitasnya. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan sumber data sekunder dan teknik pengambilan data menggunakan studi literatur dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan impor garam meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan membentuk pola pertumbuhan eksponensial. Sedangkan untuk konsumsi garam per kapita, permintaan garam, konsumsi garam per tahun membentuk pola S-shaped growth with overshoot. Hasil uji sensitivitas yang mempengaruhi impor garam adalah penduduk Indonesia, GDP riil Indonesia, nilai tukar Indo-Aus dan luas lahan yang memiliki nilai sensitivitas tinggi. Pada peningkatan impor garam hasil uji sensitivitas yang mempengeruhi hanya GDP riil Indonesia yang memiliki sensitivitas tinggi. Pada sensitivitas permintaan garam hasil uji sensitivitas yang mempengaruhi hanya jumlah penduduk Indonesia yang memiliki sensitivitas tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 25 Oct 2021 08:14
Last Modified: 23 Feb 2022 02:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185984
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD AFIF ALVAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item