Review Tentang Squalene: Sumber, Ekstraksi dan Pemanfaatannya

Santoso, Moko (2021) Review Tentang Squalene: Sumber, Ekstraksi dan Pemanfaatannya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Squalene (C30 H50) adalah triterpen yang biasa ditemukan pada tumbuhan, hewan, dan manusia. Squalene merupakan salah satu komponen untuk pembuatan kosmetik dan pelembab dengan harga jual yang tinggi, serta sering dijual dalam bentuk pil sebagai suplemen dan mampu merawat berbagai penyakit. Kajian pustaka ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait sumber, proses memperoleh squalene dan pemanfaatannya. Kajian pustaka merupakan peninjauan kembali pustaka-pustaka yang terkait. Kajian pustaka dilakukan dengan beberapa tahapan: penentuan topik, pencarian pustaka, analisis pustaka dan penulisan kajian pustaka. Hasil dari kajian pustaka ini menunjukkan bahwa kandungan squalene tertinggi terdapat pada ikan hiu. Squalene diperoleh melalui tahap ekstraksi dan purifikasi. Jenis-jenis metode ekstraksi squalene: metode rendering kering, metode pengepresan mekanis, metode ion perak complexation, pressurized liquid rxtraction (PLE), microwave assisted extraction (MAE). Jenis metode pemurnian ada kromatografi kolom dan batchwise solvent. Pemanfaatan dari squalene digunakan sebagai antioksidan dalam tubuh, adjuvant vaksin hepatitis C, menurunkan kolesterol, menjadi obat dan squalenoylation pada kemoterapi kanker dan untuk melindungi kulit dari penyakit kulit dan keriput."

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:48
Last Modified: 23 Feb 2022 08:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185958
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MOKO SANTOSO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item