Review: Konflik Sosial Pada Masyarakat Nelayan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan di Perairan Pulau Jawa Indonesia

Kurniawan, Dharma (2021) Review: Konflik Sosial Pada Masyarakat Nelayan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan di Perairan Pulau Jawa Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konflik pada umumnya dilatar belakangi oleh adanya perbedaan. Perbedaan sendiri adalah bagian tak terpisahkan dari realitas kehidupan. Perbedaan bisa menjadi potensi atau juga menjadi persoalan. Ketika orang memperebutkan sebuah area, mereka tidak hanya memperebutkan sebidang tanah saja, namun juga sumber daya alam seperti air dan hutan yang terkandung di dalamnya. Konflik nelayan sering terjadi karena perebutan sumber daya ikan yang jumlahnya terbatas dan karena karakteristik sumber daya perikanan yang bersifat open acces artinya siapapun dapat melakukan penangkapan dan kapanpun. Unit penangkapan dan jenis alat tangkap memegang peranan yang penting dalam analisis kelas di kalangan kaum nelayan. Tujuan dari review ini adalah menjelaskan tipe-tipe konflik nelayan, menganalisis penyebab konflik nelayan dan upaya penyelesaian konflik nelayan dalam pemanfaatan sumber daya perikanan di Pulau Jawa, serta menentukan pihak yang terlibat dalam konflik. Metode yang digunakan adalah systematic literature review, dimana dalam pencarian literatur jurnal internasional maupun nasional menggunakan laman Google scholar, Researchgate, Science Direct, Portal Garuda, DOAJ, Wiley Online Library, dan DRJI. Dalam sebuah kehidupan sosial tidak akan pernah lepas dari suatu peristiwa yang dinamakan “konflik”. Konflik merupakan hubungan yang mempunyai arah tujuan berbeda pendapat atau tidak sejalan antar dua orang atau lebih (kelompok). Konflik nelayan disebabkan dengan belum adanya prinsip pemanfaatan pengelolaan sumber daya perikanan di masyarakat pesisir secara maksimal. Secara umum, konflik dikelompokkan menjadi dua, yaitu konflik fungsional, dimana konflik memberi keuntungan kepada kelompok. Konflik dikelompokan menjadi tujuh, yaitu konflik kelas, konflik kepemilikan sumber daya, konflik pengelolaan sumber daya, konflik cara produksi, konflik lingkungan, konflik usaha dan konflik primordinal. Konflik tidak hanya berdampak negatif dan merugikan organisasi saja tetapi mempunyai dampak positif tergantung pada strategi yang digunakan untuk menanganinya. Konflik dapat timbul akibat beberapa hal dimana salah satu pihak dirugikan, beberapa penyebab terjadinya konflik adalah karena faktor internal dan eksternal.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 338.372 7
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with email gaby
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:58
Last Modified: 24 Feb 2022 04:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185926
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dharma Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item