"HUBUNGAN WEBSITE SAMBAT ONLINE TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT KOTA MALANG DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN WEBQUAL 4.0 (Studi Pada Masyarakat Kota Malang)"

Aulia, Mella (2021) "HUBUNGAN WEBSITE SAMBAT ONLINE TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT KOTA MALANG DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN WEBQUAL 4.0 (Studi Pada Masyarakat Kota Malang)". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

" Penelitian ini dilatar belakangi, sejauh mana Website Sambat Online dapat bermanfaat dan diterima oleh para pengguna. Oleh sebab itu perlu dilakukan suatu penilaian untuk mengukur kualitas Website tersebut. Apakah dapat diterima dengan baik atau tidak, sehingga kualitas suatu Website berdasarkan persepsi pengguna merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui dan dapat dijadikan umpan balik terhadap pihak penyedia. Serta dapat mengoptimalkan fitur maupun menu yang terdapat didalamnya agar dapat mengakomodir kebutuhan pengguna. Penulis menggunakan Instrumen Webqual 4.0 dengan dimensi kegunaan (Usability Quality) X1, kualitas informasi (Information Quality) X2, kualitas interaksi (service interaction quality) X3, dan kepuasan pengguna (User satisfaction) Y. Website Sambat Online adalah salah satu inovasi pelayanan publik yang dibuat oleh pemerintah kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, di rilis pada tahun 2016. Pada tahun 2018 Sambat Online meraih 25 Top Pengelolaan Pelayanan Publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah Instrumen Webqual 4.0 yang dimana instrumen ini dilakukan untuk mengukur kualitas suatu Website. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Explanatory Research. Hasil dari Penelitian ini ialah bahwa variabel Usability Quality mendapatkan nilai sebesar 2.462 yang dapat diartikan kemudahan pengguna yang berhubungan dengan rancangan Website, seperti Website memiliki tampilan yang menarik dan mudah bernavigasi, mempunyai pengaruh kuah terhadap User satisfaction. Kemudian untuk variabel Information Quality mendapatkan nilai sebesar 2.123 artinya kemudahan pengguna yang berhubungan dengan pemberian informasi yang up to date, cukup relevan dan cukup akurat berpengaruh kuat terhadap User satisfaction. Dan untuk variabel service interaction quality mendapatkan nilai sebesar 2.995 yang artinya kemudahan pengguna terhadap keamanan informasi data diri, kemudahan berkomunikasi dengan pihak dinas terkait menghasilkan skor dominan atau berpengaruh sangat kuat terhadap kepuasan pengguna Website Sambat Online. Kata Kunci: Webqual 4.0, Kepuasan Pengguna, Sambat Online "

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Uncontrolled Keywords: Webqual 4.0, Kepuasan Pengguna, Sambat Online "
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username anik
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:34
Last Modified: 25 Feb 2022 07:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185873
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mella Aulia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item