DETEKSI SERANGAN BLACK HOLE TERHADAP PROTOKOL ROUTING AD HOC ON-DEMAND DISTANCE VECTOR MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE

Priharsiwi, Awit (2021) DETEKSI SERANGAN BLACK HOLE TERHADAP PROTOKOL ROUTING AD HOC ON-DEMAND DISTANCE VECTOR MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wireless Sensor Networks digunakan untuk mengumpulkan semua jenis data dan informasi dalam lingkungan yang kompleks. WSN menggunakan teknologi saluran komunikasi nirkabel untuk mengirimkan data, tanpa sarana perlindungan keamanan, data sangat rentan terhadap serangan internal dan eksternal. Black hole merupakan salah satu serangan yang terjadi pada WSN. Serangan black hole bekerja dengan menyatakan dirinya memiliki rute terpendek menuju node tujuan. Hal ini sangat membahayakan jika paket berisi informasi penting. Dari permasalahan tersebut, serangan black hole dapat terdeteksi dengan menggunakan metode Support Vector Machine pada protokol reaktif Ad Hoc On-Demand Distance Vector. SVM adalah metode yang ampuh untuk klasifikasi dan regresi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui akurasi SVM dalam mendeteksi serangan black hole dan berapa banyak data yang dibuang oleh node berbahaya ini. Pada hasil pengujian dapat dilihat ketika simulasi dengan kondisi normal, pada packet loss bernilai kecil (1), sedangkan simulasi terdapat black hole sebanyak (239) 100%. Simulasi dengan kondisi normal pada packet delivery ratio sebanyak 99.5816%, sedangkan simulasi terdapat black hole bernilai 0%. Simulasi dengan kondisi normal pada average end-to-end delay sebesar 202.429 ms, sedangkan simulasi terdapat black hole sekitar 172.524 ms hingga 214.979 ms. Hasil penelitian menunjukan bahwa algoritma SVM dalam pengklasifikasian serangan black hole dengan perhitungan menghasilkan hasil yang akurat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 000 Computer science, information & general works
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:11
Last Modified: 23 Feb 2022 08:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185853
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
AWIT PRIHARSIWI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item