Indeks Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Sea World, Ancol.

Ganina, Ganya (2021) Indeks Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Sea World, Ancol. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Penelitian skripsi dilaksanakan secara daring dengan tempat penelitian yaitu di Sea world, Ancol. Pariwisata menjadi salah satu sektor yang mulai diperhatikan di negara maju maupun berkembang, termasuk Indonesia. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis indeks kepuasan pengunjung terhadap fasilitas yang di sediakan oleh wisata Sea world dan Menganalisis prioritas perbaikan terhadap atribut jasa Sea world untuk meningkatkan kepuasan pelangggan. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer dilakukan secara kuesioner online yang diisi oleh responden dengan sampel secara non probability dan data sekunder berupa dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data kuantitatif dengan menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat untuk menjawab tujuan pertama menganalisis indeks kepuasan pengunjung terhadap fasilitas yang di sediakan oleh wisata Sea world, Ancol dan metode pendekatan Analytical Hierarchy Process untuk menjawab tujuan kedua menganalisis prioritas perbaikan terhadap atribut jasa Sea world untuk meningkatkan kepuasan pelangggan. Sea world merupakan sebuah miniatur pesona laut yang terdapat dalam kompleks wisata pertama di Taman Impian Jaya Ancol. Sea world memiliki berbagai macam wahana yang dapat di nikmati yaitu Touch Pool, Main Aquarium, Under Water Tunel, Glow Teater, Jelly Fish Exhibit, dan Fun Dive. Fasilitas berupa toko souvenir, tempat makan, parkir,dan ruang serba guna. Jumlah nilai rata- rata tertimbang yang diperoleh dari 9 unsur yaitu persyaratan, prosedur, waktu pelayanan, biaya / tarif, standar pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, sarana prasarana, dan penanganan pengaduan serta sarana dan masukan sebesar 3,74958. Nilai akhir IKM unit menunjukkan hasil akhir sebesar 93,7395 dengan rata – rata nilai interval sebesar 33,78. Matriks berpasangan antar kriteria dengan aplikasi Expert Choice 11 menghasilkan nilai Inconsistency Ratio menunjukkan 0,00027. Matriks perbandingan alternative menghasilkan nilai Inconsistency Ratio menunjukkan 0,00. Berdasarkan prioritas kriteria menunjukkan bahwa atribut yang di prioritas untuk di perbaiki yaitu harga tiket masuk, pelayanan staff, dan kebersihan lokasi sea world Berdasarkan pembahasan penulis memberikan saran terhadap pihak Sea world yang diharapkan mempertahankan dan terus meningkatkan setiap unit pelayanan karena nilai menunjukkan bahwa pengunjung sangat puas dengan setiap unit pelayanan yang di berikan serta diharakan pihak Sea world memberikan pake bundling atau paket hemat sehingga banyak wisatawan yang tertarik akan paket yang diberikan karena harganya terjangkau. Prioritas perbaikan selanjutnya terkait pelayanan staff sea world, pihak sea world diharapkan lebih cepat dan tanggap dalam memberikan layanan, adapun prioritas perbaikan yang perlu diperhatikan terkait kebersihan lokasi sea world, pihak sea world di harapkan meperhatikan kebersihan dengan melakukan pengecekan secara berkala."

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: agung
Date Deposited: 24 Oct 2021 11:29
Last Modified: 23 Sep 2024 01:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185809
[thumbnail of GANYA GANINA.pdf] Text
GANYA GANINA.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item