Kusumayekti, Setyorini (2021) Pendidikan dan Pelatihan Teknis KTI Dalam Mengembangkan Kompetensi PNS Daerah Bagi Guru Baru Tingkat Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
"Diklat Teknis merupakan salah satu diklat yang dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada setiap sumber daya aparatur sebagai syarat untuk memenuhi kompetensi teknis terkait dengan tugas dan pekerjaannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pelaksanaan diklat teknis KTI oleh BKD Kabupaten Sidoarjo dalam mengembangkan kompetensi PNS Daerah bagi guru baru di masa pandemi covid-19. Serta faktor – faktor yang mendukung dan menghambat berjalannya diklat teknis KTI di masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis yang digunakan adalah model analisis Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan diklat teknis KTI dalam mengembangkan kompetensi guru baru pada masa pandemi covid-19 masih belum maksimal. Hal ini dikarenakan masih terdapat peserta yang belum melaksanakan diklat, dan adanya refocussing anggaran. Selain itu, hasil temuan penulis di lapangan melihat bahwa masih belum ada SOP yang mengatur mengenai penyelenggaraan diklat teknis khususnya diklat teknis KTI, masih terdapat instruktur yang kurang memahami dan mengerti mengenai teknis penulisan diktat atas peserta dengan kategori yang berbeda. Saran yang dapat diberikan oleh penulis adalah sebaiknya menyusun rancangan SOP penyelenggaraan diklat teknis, melakukan pemetaan antar peserta yang disesuaikan dengan kategorinya dan memilih instruktur yang lebih tepat atas diklat teknis KTI, melakukan adanya pembebanan sebagian anggaran kepada peserta diklat, serta melaksanakan evaluasi terhadap pimpinan alumni diklat dilakukan secara online."
English Abstract
Technical training is one of the training that being held to give the knowledge and skills for each of the apparatus resources as a requirement to fulfill technical competence related to their duties and work. This study was conducted to find out, explain, and analyze the implementation of technical training for scientific paper by Sidoarjo Regional Civil Service Agency in developing the competent of regional civil servants for new teachers in the COVID-19 pandemic era. As well as with the factors that support and hinder the continuance of technical training for scientific paper in the COVID-19 pandemic era. The method used in this study were qualitative research method with descriptive approach. Observation, interview, and documentation was used in collecting the data in this study. The analysis model in this study were used Miles, Huberman, and Saldana, consist of data collection, data condensation, data display, and conclusion. The result of this study showed that in implementing the technical training for scientific paper to develop the competent of new teachers in the COVID-19 pandemic era was not optimal. The particular reason for participants who haven’t carried out the training, and there’s a budget were being cut by each agencies. Moreover, in the field the author found out that no once of Standard Operating Procedure that regulates to implementing of technical training specially technical training for scientific paper, and some of the instructor were not comprehend and understand regarding to the technical writing of the training for participants with different categories. The author suggestion for this issues are to drafting standard operating procedures for the implementation of technical training, to do the mapping between participants according to their category and choosing a more appropriate instructor for the technical training for scientific paper held, to do the partial budget assignment toward the participants, and carry out an evaluation of the education and training of participants leadership conducted online.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052103 |
Uncontrolled Keywords: | Education and Training, Human Resource Management, Competency Development, : Pendidikan dan Pelatihan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pengembangan Kompetens |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Unnamed user with username nurmasudah |
Date Deposited: | 24 Oct 2021 06:03 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185761 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
SETYORINI KUSUMAYEKTI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (9MB) |
Actions (login required)
View Item |