Strategi Pemerintah dalam Menangani Kekerasan pada Perempuan di Kota Balikpapan (Studi pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) DP3AKB Kota Balikpapan)

Syarafina, Safirah (2021) Strategi Pemerintah dalam Menangani Kekerasan pada Perempuan di Kota Balikpapan (Studi pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) DP3AKB Kota Balikpapan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Ekspektasi masyarakat pada kualitas pelayanan publik akan semakin tinggi, namun negara memiliki kemampuan yang terbatas dalam memenuhi kebutuhan masyarakatnya, oleh karena itu negara membutuhkan strategi dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakatnya. Salah satu bentuk pelayanan negara yang wajib diberikan kepada warga negaranya adalah perlindungan agar setiap warga negara memiliki rasa aman untuk tinggal di negaranya, namun pada kenyataannya perempuan kerap mendapatkan kekerasan. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menginstrusksikan agar setiap daerah membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA). UPTD PPA memiliki peran penting dalam menangani kasus kekerasan di Kota Balikpapan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan menggunakan model penelitian kualitatif. Penelitian kuliatatif adalah penelitian yang berkaitan dengan kehidupan seseorang, cerita, perilaku, dan juga tentang fungsi organisasi, gerakan sosial atau hubungan timbal balik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah Ketua UPTD PPA, anggota LBH SIKAP, Humas Alliansi GERAKS, dan salah seorang aktivis perempuan. Pada tahun 2019 tercatat 27 perempuan di Kota Balikpapan yang menjadi korban kekerasan, sedangkan pada tahun 2020 tercatat 9 perempuan, dan pada tahun 2021 (pertanggal 31 Maret) terdapat 5 perempuan yang menjadi korban kekerasan. Data tersebut adalah data yang tercatat pada UPTD PPA dan tidak menggambarkan jumlah kasus kekerasan pada perempuan yang sesungguhnya, mengingat ada banyak kasus kekerasan khususnya yang dialami oleh perempuan namun tidak di laporkan. Hal tersebut dapat menjadi pertanda buruk jika jumlah kasus meningkat namun tidak diiringi dengan peningkatan kesadaran masyarakat untuk melaporkan tindak kekerasan yang terjadi. Strategi yang digunakan oleh UPTD PPA adalah berkoordinasi dengan lembaga-lembaga maupun organisasi"

English Abstract

Public expectations on the quality of public services will be increase, but the state has limited ability to fulfill the needs of its people, therefore the state needs a strategy to providing public services to its people. One form of state service that must be provided to its citizens is protection so that every citizen has a sense of security to live in their own country, but in reality women often get violence. The Ministry of Women's Empowerment and Child Protection has instructed each region to form a Regional Technical Implementation Unit for the Protection of Women and Children (UPTD PPA). UPTD PPA has an important role in handling cases of violence in Balikpapan City. In this research, researchers used a qualitative research model. Qualitative research is research related to a person's life, stories, behavior, and also about the function of organizations, social movements or interrelationships. The method of data collection in this research is by interview and documentation. Sources of data in this study were the Head of UPTD PPA, members of LBH SIKAP, Public Relations of the GERAKS Alliance, and one of the women activists. In 2019 there were 27 women in Balikpapan City who became victims of violence, while in 2020 there were 9 women, and in 2021 (31 March) there were 5 women who became victims of violence. The data is recorded by UPTD PPA and does not describe the actual number of cases of violence against women, considering that there are many cases of violence, especially those experienced by women but not reported. This can be a bad sign if the number of cases increases but is not accompanied by an increase in public awareness to report acts of violence. The strategy used by UPTD PPA is coordinating with institutions and organizations that are also engaged in the protection of women and children.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Uncontrolled Keywords: STRATEGI, MENANGANI, KEKERASAN PEREMPUAN, STRATEGY, HANDLE, WOMEN VIOLENCE
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nurmasudah
Date Deposited: 24 Oct 2021 05:36
Last Modified: 23 Feb 2022 08:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185755
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Safirah syarafina.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (15MB)

Actions (login required)

View Item View Item