Samudra, Nanda Genta (2021) Analisis Strategi Promosi Dalam Pemerataan Kunjungan Wisatawan (Studi pada Wisata Bahari di Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kabupaten Malang memiliki pantai yang banyak sebagai wisata bahari. Namun dalam pengembangannya, tidak semua pantai dikelola dengan baik. Meskipun Kabupaten Malang merupakan salah satu daerah yang dilewati oleh Jalur Lintas Selatan (JLS), pada kenyataannya masih terdapat kesenjangan yang cukup tinggi antara satu pantai dengan pantai lainnya yang berdekatan. Kesenjangan tersebut dapat berupa kesenjangan jumlah kunjungan wisatawan, maupun pengembangan dan promosinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguraikan implementasi strategi promosi wisata bahari yang dilakukan oleh Disparbud Kabupaten Malang dalam upaya pemerataan kunjungan wisatawan di pantai Kabupaten Malang, apabila ditinjau menggunakan teori bauran promosi , mengetahui dan menguraikan faktor pendukung dan penghambat pada kegiatan promosi wisata bahari pantai yang dilakukan oleh Disparbud Kabupaten Malang dalam upaya pemerataan kunjungan wisatawan di pantai Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif . Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi . Jenis data menggunakan jenis data primer dan data sekunder. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Kabupaten Malang merupakan sebuah wilayah yang terletak pada bagian tengah selatan wilayah Propinsi Jawa Timur. Kabupaten Malang memiliki luas wilayah sekitar 3.238,26 km2 , dengan demikian Kabupaten Malang memiliki luas terbesar kedua setelah Kabupaten Banyuwangi dari 38 kabupaten/kota di wilayah Propinsi Jawa Timur. Letak geografis tersebut menyebabkan Kabupaten Malang memiliki posisi yang cukup strategis. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin ramainya jalur transportasi utara maupun selatan yang melalui Kabupaten Malang viii dari waktu ke waktu. Kabupaten Malang yang memiliki banyak pantai menarik untuk dikunjungi. Masing-masing pantai memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Beragamnya pantai yang ada di Kabupaten Malang merupakan salah satu hal yang kemudian dijadikan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan, sehingga terjadi peningkatan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan wisata. Beberapa bauran promosi yang digunakan oleh Disparbud Kabupaten Malang yaitu Periklanan dan Publisitas. Saran untuk Disparbud Kabupaten Malang sebaiknya agar dapat meningkatkan kemampuan para staf untuk menjalin dan memperluas jangkauan kerjasama sehingga kegiatan promosi dapat lebih efisien, melakukan kegiatan atau penyelenggaraan event yang lebih beragam dan menarik untuk menyukseskan kegiatan promosi, memanfaatkan dukungan dari berbagai pihak untuk membantu mempromosikan wisata Kabupaten Malang yang beragam, serta memanfaatkan media massa dengan lebih baik untuk sarana promosi.
English Abstract
Malang regency has many beaches as marine tourism. But in its development, not all beaches are well managed. Although Malang Regency is one of the areas passed by the South Cross Line (JLS), in fact there is still a fairly high gap between one beach and another adjacent beach. These gaps can be in the form of gaps in the number of tourist visits, as well as their development and promotion. This study aims to know and elaborate the implementation of maritime tourism promotion strategy conducted by the Disparbud Malang Regency in an effort to equalize tourist visits on the coast of Malang Regency, if reviewed using the theory of promotional mix, knowing and outlining supporting factors and inhibitions on coastal maritime tourism promotion activities conducted by the Disparbud Malang Regency in an effort to equalize tourist visits on the coast of Malang Regency. The method used in this study is descriptive method. Data collection is conducted through interviews, observations and documentation. The data type uses the primary data type and the secondary data. The validity of the data is done by triangulating the source. Malang regency is an area located in the southern central part of east Java province. Malang regency has an area of about 3,238.26 km2, thus Malang regency has the second largest area after Banyuwangi Regency from 38 districts / cities in the province of East Java. The geographical location causes Malang Regency to have a strategic position. This is evidenced by the increasing number of north and south transportation routes through Malang Regency from time to time. Malang regency which has many interesting beaches to visit. Each beach has its own uniqueness that becomes an attraction for tourists. The variety of beaches ix in Malang regency is one of the things that is then used by the Department of Tourism and Culture (Disparbud) Malang Regency to attract more tourists, so that there is an increase in the regional economy and the welfare of the community around the tourist area. Some of the promotional mix used by Disparbud Malang regency is Advertising and Publicity. Advice for Disparbud Malang regency should be to improve the ability of the staff to establish and expand the reach of cooperation so that promotional activities can be more efficient, conduct activities or organize more diverse and interesting events to succeed promotional activities, utilize support from various parties to help promote the diverse tourism of Malang Regency, and make better use of the mass media for promotional facilities
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052103 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata |
Depositing User: | Unnamed user with username nurmasudah |
Date Deposited: | 24 Oct 2021 02:37 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 04:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185706 |
Preview |
Text
NANDA GENTA SAMUDRA.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |