Program Pemberdayaan Anak Jalanan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (Studi pada Komunitas Save Street Child Malang)

Haykal, Muhammad (2021) Program Pemberdayaan Anak Jalanan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (Studi pada Komunitas Save Street Child Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana program pemberdayaan anak jalanan yang dilakukan oleh Komunitas Save Street Child Malang serta menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam program pemberdayaan yang dilakukan oleh Komunitas Save Street Child Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang berlokasi di kota Malang, sedangkan situsnya berada di Komunitas Save Street Child Malang. Fokus penelitian menggunakan Model Evaluasi CIPP, yaitu konteks, Input, proses, dan produk. Sumber data primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan tema tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan instrument penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pemberdayaan anak jalanan ini pada evaluasi konteks sudah sesuai dengan sebagaimana semestinya. Namun, pada indikator evaluasi lainnya masih terdapat kendala. Pada evaluasi input didapati kendala bahwa pendekatan central based dan family and community based pada strategi program belum berjalan seharusnya, serta terdapat kekurangan tenaga pengajar ahli di Komunitas Save Street Child Malang. Sedangkan evaluasi proses didapati kendala pada kegiatan belajar jareng arjosari yang memilki prasarana terbatas. Sedangkan pada kegiatan 1001 Susu kurangnya kedekatan personal antara volunteer dan para anak jalanan menyulitkan proses kegiatan ini. Sementara pada evaluasi produk, terdapat manfaat yang dapat dirasakan oleh para sasaran program. namun masih terdapat anak yang tetap kembali ke jalanan, meski intentsitas waktunya berkurang. Kata Kunci: Evaluasi, Program, Pemberdayaan, Anak, Jalanan, Konteks, Input, Proses, Produk"

English Abstract

The study aims to evaluate The Save Street Child Malang Community’s street children empowerment program and also to analyze the support and restrain factors in the empowerment program itself. The method of this research uses descriptive research along with qualitative approach, which is located in Malang City, while the site in Save Street Child Malang Community. The main focus of this research use The CIPP Evaluation Model, specifically as context, input, process, and product. The primary source of datas obtained through several interviews from some relevance informants, while the secondary datas through some related documents. The technique of data collection using interview, observation, and docoumentation. While the research instrument is the researcher himself, and several supporting tools such as interview guide, handphone, et cetera. Based on the result, this research showed that the street child empowerment program, context evaluation-wise, consistent what the theories said. while the others have some problems. Input evaluation-wise, that the program stratagies not well-executed as it should be, especially on central based and family and community based along with the lack of teaching experts in Save Street Child Malang Community. The process evaluation obtained that Belajar Bareng Arjosari activities have a problem on infrastructure aspect. Meanwhile, 1001 Susu activity obtained that the lack of personal relationship between street children and the volunteer became an obstacle for this activitity. The product evaluation obtained that the impact of this program has a lot benefits for the program’s target. However, the street children themshelves, still trying to go back to the street, despite the intensity has been reduce.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program, Pemberdayaan, Anak, Jalanan, Konteks, Input, Proses, Produk", Evaluation, Program, Empowerment, Street, Children, Context, Input, Process, Product
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nurmasudah
Date Deposited: 24 Oct 2021 02:09
Last Modified: 24 Feb 2022 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185698
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Haykal.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item