Analisis Pengaruh Dana Desa dan Alokasi Dana Desa terhadap Penurunan Jumlah Kemiskinan (Studi Kasus Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Jember)

Safitri, Rizki Amalia (2021) Analisis Pengaruh Dana Desa dan Alokasi Dana Desa terhadap Penurunan Jumlah Kemiskinan (Studi Kasus Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Jember). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Desa merupakan unit pemerintahan terkecil yang memiliki kebebasan untuk mengelola keuanganya sendiri sebagai wujud dari penerapan desentralisasi yang ada di daerah. Penerapan Desentralisasi yang dilaksanakan oleh pemerintah dari bebagai sisi yaitu Desentralisasi Administrasi, Desentralisasi Politik dan Desentralisasi fiskal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari dana desa, alokasi dana desa dan akses terhadap pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan terhadap kemiskinan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuatitatif dengan menggunakan pendekatan panel data. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Badan Pusat Statistik yang ada di Kabupaten Malang, Kabuupaten Jember dan Kabupaten Probolinggo. Pada penelitian ini model yang terpilih adalah model fix effect. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa variabel Dana Desa memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kemiskinan yang ada di Kabupaten Malang, Kabupaten Jember dan Kabupaten Probolinggo. Sedangakan variabel alokasi dana desa dan akses terhadap fasilitas pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan memeiliki pengaruh signifikan negatif terhadap kemiskinan namun, pengaruh dari dua variabel bebas ini sangat lemat terhadap pengurangan kemiskinan. Variabel dana desa memiliki pengaruh signifikan positif karena dana desa masih di prioritaskan untukpemangunan modal fisik yang ada di desa. Variabel alokasi dana desa memiliki pengaruh yang sangat lemah terhadap pengurangan kemiskinan karena sebagian besar anggaran alokasi dana desa di prioritaskan untuk penyelenggaraan pemerintah desa. Variabel akses terhadap fasilitas pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan memiliki pengaruh yang sangat lemah terhadap kemiskinan karena, jika dilihat dari jumlah fasilitas pelayanan dasar yang ada di setiap daerah pertumbuhanya sangat kecil. "

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052102
Uncontrolled Keywords: Dana Desa, Alokasi Dana Desa dan Kemiskinan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 23 Oct 2021 13:23
Last Modified: 23 Feb 2022 07:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185646
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Skripsi_FEB_Rizki Amalia Safitri_175020101111003 - Lia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item