Aulia Fauzan, Muhamad (2021) Penentu Tingkat Pendapatan di Indonesia Timur: Teori Human Capital vs Teori Signaling. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia yang secara garis besar terbagi menjadi dua wilayah (barat dan timur) yang sekaligus menjadi tempat tinggal bagi ratusan suku, memiliki heterogenitas yang tinggi sehingga dapat terjadi ketidaksetaraan dalam berbagai hal, salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. Wilayah Indonesia Timur identik dengan daerah yang berkembang dengan tingkat kemiskinan yang tinggi, serta kualitas hidup yang lebih rendah dibandingkan dengan Indonesia bagian barat. Selain itu, pendidikan merupakan salah satu indikator yang dapat dijadikan tolak ukur kemajuan suatu wilayah melalui pendapatan masyarakat. Pendapatan dan pendidikan merupakan kedua hal yang saling berkaitan, yaitu pendidikan dapat meningkatkan produktivitas seseorang (teori human capital) dan kemudian meningkatkan pendapatannya atau pendidikan hanya sebuah sinyal kredibilitas agar lulusan sekolah yang lebih tinggi dapat berkesempatan untuk meningkatkan pendapatannya kepada para pemberi kerja (teori signalling). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari tingkat pendidikan terhadap tingkat pendapatan individu di Wilayah Indonesia Timur berdasarkan pada teori human capital dan signaling. Penelitian menggunakan model regresi Ordinary Least Square (OLS) menggunakan aplikasi STATA. Hasil penelitian menunjukkan efek human capital pada pendidikan terhadap return pendapatan di wilayah Indonesia Timur lebih kuat dibandingkan dengan efek signaling. Hal ini dikarenakan mayoritas masyarakat Indonesia Timur bekerja sebagai pekerja mandiri atau wirausaha yang tidak memerlukan ijazah dan kredensial untuk dapat bekerja.
English Abstract
Indonesia, which is broadly divided into two regions (west and east) which is also home to hundreds of tribes, has high heterogeneity so that inequality can occur in various ways, one of which is in the field of education. Eastern Indonesia is synonymous with developing regions with high poverty rates and lower quality of life compared to western Indonesia. In addition, education is an indicator that can be used as a benchmark for the progress of a region through community income. Income and education are two interrelated things, namely education can increase a person's productivity (human capital theory) and then increase his income or education is only a signal of credibility so that higher school graduates can have the opportunity to increase their income to employers (signaling theory). This study aims to analyze the effect of education level on individual income levels in Eastern Indonesia based on the theory of human capital and signaling. The study used the Ordinary Least Square (OLS) regression model using the STATA application. The results show that the effect of human capital on education on income returns in Eastern Indonesia is stronger than the signaling effect. This is because the majority of the people of Eastern Indonesia work as independent workers or entrepreneurs who do not require diplomas and credentials to be able to work.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052102 |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with username dedygusro |
Date Deposited: | 23 Oct 2021 12:39 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 07:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185615 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FEB_Muhamad Aulia Fauzan_175020101111019 -.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |