Analisis Model Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan Penetapan Strategi Pada UMKM di Industri Pariwisata (Studi Pada Alam Batik, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan)

Purinita, Karina (2021) Analisis Model Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan Penetapan Strategi Pada UMKM di Industri Pariwisata (Studi Pada Alam Batik, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Alam Batik merupakan salah satu UMKM yang bergerak pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Alam Batik memiliki tiga produk yaitu batik, pelatihan batik, alat dan bahan batik. Selama pandemi covid-19 sepanjang tahun 2020 terdapat penurunan penjualan yang diikuti dengan menurunnya produktivitas Alam Batik sehingga diperlukan strategi bisnis yang tepat untuk mengatasinya. Perencanaan bisnis merupakan tahapan awal untuk menganalisis kondisi bisnis dan kemudian mengembangkan strategi yang tepat. Business Model Canvas dalam penelitian ini digunakan untuk melakukan perencanaan bisnis serta menganalisis kondisi bisnis. Berdasarlkan hal tersebut penelitian yang dilakukan peneliti berjudul “Analisis Model Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan Penetapan Strategi Pada UMKM di Industri Pariwisata (Studi Pada Alam Batik, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan)”. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Wawancara dilakukan pada pemilik Alam Batik untuk memperoleh data mengenai nine building blocks BMC dan kondisi internal serta ekstenal Alam Batik. Penetapan strategi bagi Alam Batik dilakukan melalui beberapa tahapan. Tahapan input stage dilakukan dengan membagi faktor internal dan eksternal ke dalam IFE Matrix dan EFE Matrix untuk diberi penilaian skor masing-masing faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Tahap selanjutnya adalah matching stage atau pencocokan faktor internal dan ekstenal menggunakan SWOT Matrix dan Internal-External Matrix untuk menentukan strategi. Strategi yang dihasilkan akan dipilih menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) pada tahapan decision stage dan kemudian dilakukan analis terhadap strategi terpilih. Langkah selanjutnya adalah menambahkan strategi pada BMC Alam Batik. Strategi terpilih yang tepat bagi Alam Batik berdasarkan penelitian yang dilakukan adalah strategi penetrasi pasar. Strategi penetrasi pasar yang diberikan adalah meningkatkan promosi dan merebut pelanggan pesaing sehingga strategi terkait yang ditambahkan pada BMC Alam Batik adalah memberi kemudahan transaksi dengan menambah channels berupa website dan meningkatkan promosi melalui Instagram dan Facebook.

English Abstract

Alam Batik is one of the SMEs engaged in the tourism and creative economy sector. Alam Batik has three products, namely batik, batik training, batik tools and materials. During the COVID-19 pandemic throughout 2020 there was a decrease in sales followed by a decrease in the productivity of Alam Batik so that the right business strategy was needed to overcome it. Business planning is the initial stage to analyze business conditions and then develop the right strategy. The Business Model Canvas in this study is used to carry out business planning and analyze business conditions. Therefore, the research conducted by the researcher is entitled "Analysis of Business Models With a Business Model Canvas (BMC) Approach and Strategy Determination for SMEs in the Tourism Industry (Study on Alam Batik, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan)". This research is a descriptive research with a qualitative approach. Interviews were conducted with the owners of Alam Batik to obtain data related to the nine building blocks of BMC and the internal and external conditions of Alam Batik. Strategy determination for Alam Batik is carried out through several stages. The input stage is carried out by dividing the internal and external factors into the IFE Matrix and EFE Matrix to be given a score for each factor of strength, weakness, opportunity and threat. The next stage is the matching stage or matching internal and external factors using the SWOT Matrix and InternalExternal Matrix to determine the strategy. The resulting strategies are selected using the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) at the decision stage and then an analysis of the selected strategy is carried out. The next step is to add strategies to Alam Batik’s BMC. The chosen strategy for Alam Batik based on the research conducted is the market penetration strategy. The given market penetration strategy is to increase promotions and win competitors' customers so that related strategies added to Alam Batik’s BMC are facilitating transactions by adding channels in the form of websites and increasing promotions through Instagram and Facebook.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Uncontrolled Keywords: UMKM, Business Model Canvas (BMC), Penetapan Strategi, SWOT, IE Matrix, QSPM", MSME, Business Model Canvas (BMC), Strategy determination, SWOT, IE Matrix, QSPM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Unnamed user with username nurmasudah
Date Deposited: 23 Oct 2021 09:15
Last Modified: 30 Sep 2024 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185526
[thumbnail of -KARINA PURINITA.pdf] Text
-KARINA PURINITA.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item