Perancangan Sistem Informasi Berbasis Cloud Computing Untuk Mengintegrasikan Informasi Antara Produsen Dengan Supplier Dan Distributor

Zalina, Debby (2021) Perancangan Sistem Informasi Berbasis Cloud Computing Untuk Mengintegrasikan Informasi Antara Produsen Dengan Supplier Dan Distributor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Revolusi Industri 4.0 sudah tidak asing lagi di masyarakat dunia. Salah satu metode pendukung dalam Revolusi Industri 4.0 adalah Cloud Computin yang bermanfaat sebagai alat pengembangan organisasi baik profit maupun non-profit berbasis teknologi dengan biaya yang relatif terjangkau. Teknologi ini sangat cocok digunakan oleh organisasi yang memiliki kendala pengembangan sistem informasi, terutama biaya infrastruktur seperti yang dialami oleh Perusahaan Obat Herbal sebagai salah satu perusahaan obat herbal, kosmetik dan makanan minuman jamur dewa yang bergerak di Kota Malang. Semakin beragam barang yang diproduksi Perusahaan Obat Herbal mengakibatkan semakin banyak pula supplier yang bekerja sama pada perusahaan tersebut. Hal itu berdampak pada semakin sulit dalam perusahaan tersebut untuk melakukan pencatatan, pengadaan, penggunaan, kondisi, dan status barang-barang yang ada disana disana. Perusahaan Obat Herbal juga memiliki beragam distributor sebagai stakeholder dari proses produksi yang dilakukan. Beragamnya kebutuhan dari berbagai stakeholder membuat Perusahaan Produk Herbal membutuhkan sebuah sistem informasi terpusat agar bisnis yang dilakukan dapat lebih maksimal. Maka dari itu ilmu manajemen rantai pasok dibutuhkan dalam membangun sistem informasi yang menjawab kebutuhan dari perusahaan. Seiring perkembangan teknologi yang menuntut kecepatan dan ketepatan, Office 365 sebagai media layanan cloud computing dapat mempermudah bisnis yang dilakukan dengan cara meningkatkan kolaborasi, koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi informasi para supplier dan distributor perusahaan agar manajemen inventori berlangsung lebih efektif dan efisien. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi manajemen inventori berbasis Cloud Computing yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk membantu proses bisnis agar dapat berjalan lebih efektif dan efisien dengan mengutamakan kegiatan kolaborasi, koordinasi, integrasi dan sinkronisasi dari berbagai elemen yang berkaitan.

English Abstract

The Industrial Revolution 4.0 is no stranger to the world community. One of the supporting methods in the Industrial Revolution 4.0 is Cloud Computing which is beneficially a technology-based organizational development tool, both profit and nonprofit, at a relatively affordable cost. This technology is very suitable for use by organizations that have obstacles in developing information systems, especially infrastructure costs as experienced by the Herbal Medicine Company as one of the herbal medicine, cosmetics, and food and beverage companies operating in Malang city. The more diverse the goods produced by the Herbal Medicine Company, the more suppliers cooperate with the company. It has an impact on making it increasingly problematic for the company to record, procure, use, condition, and status the goods that are there. Herbal Medicine Company also has various distributors as stakeholders of the production process carried out. The diverse needs of various stakeholders make Herbal Product Companies need a centralized information system so that their business can be carried out more optimally. Therefore, supply chain management knowledge is needed in building an information system as answers the needs of the company. Along with the development of technology that demands speed and accuracy, Office 365 as a medium for cloud computing services can simplify business by increasing collaboration, coordination, integration, and synchronization of information for company suppliers and distributors so that inventory management takes place more effectively and efficiently. This research produces an inventory management information system based on Cloud Computing that can be used by companies to help business processes run more effectively and efficiently by prioritizing collaboration, coordination, integration, and synchronization activities of various related elements.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 670
Uncontrolled Keywords: Cloud Computing, Office 365, kolaborasi, koordinasi, integrasi, sinkronisasi,
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Unnamed user with email gaby
Date Deposited: 23 Oct 2021 08:48
Last Modified: 25 Sep 2024 06:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185502
[thumbnail of Debby Zalina.pdf] Text
Debby Zalina.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item