Dampak Kelebihan Kapasitas Lembaga Pemasyarakatan Terhadap Pemenuhan Hak Kesehatan Narapidana Yang Menderita Penyakit Menular (Studi di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Lubuk Pakam)

Saragih, Siti Jamaliah (2021) Dampak Kelebihan Kapasitas Lembaga Pemasyarakatan Terhadap Pemenuhan Hak Kesehatan Narapidana Yang Menderita Penyakit Menular (Studi di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Lubuk Pakam). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Siti Jamaliah Saragih, Hukum Pidаnа, Fаkultаs Hukum Universitаs Brаwijаyа, Maret 2021 , Dampak Kelebihan Kapasitas Lembaga Pemasyarakatan Terhadap Pemenuhan Hak Kesehatan Narapidana Yang Menderita Penyakit Menular (Studi di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Lubuk Pakam), Prof. Dr. I Nyoman Nurjaya, S.H., M.S., Eny Harjati, S.H.M.Hum. Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan mengenai Dampak Kelebihan Kapasitas Lembaga Pemasyarakatan Terhadap Pemenuhan Hak Kesehatan Narapidana Yang Menderita Penyakit Menular, serta upaya dalam menangani dampak kelebihan kapasitas terhadap pemenuhan hak pelayanan kesehatan narapidana yang menderita penyakit menular di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Lubuk Pakam. Jenis penelitian dalam penulisan hukum ini berupa penelitian hukum yuridis empiris. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dengan responden dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dengan penguraian secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kelebihan kapasitas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Lubuk Pakam masih belum memenuhi aturan yang telah ditetapkan dalam Undang Undang pemasyarakatan karena tidak mungkin hak kesehatan dapat terjamin sedangkan fasilitas masih jauh dari kata mencukupi, Faktor sarana atau fasilitas yang mendukung penegakan hukum dalam hal ini sarana dan prasarana di Lembaga pemasyarakatan kelas IIB Lubuk Pakam masih belum memenuhi hak hak narapidana karena narapidana masih ditempatkan berhimpitan didalam satu ruangan, narapidana yang ditempatkan didalam ruangan isolasi lebih dari satu orang, Poliklinik lapas lubuk pakam tidak sebanding dengan jumlah narapidana ditambah alat dan obat obatan yang kurang memadai, serta kurangnya kebersihan peralatan makan narapidana yang dapat mengganggu kondisi kesehatan narapidana. Oleh karena itu, untuk mengatasi hambatan di atas adalah dengan meningkatkan program asimilasi, skrining penyakit menular seperti TBC,HIV/AIDS, Hepatitis, memberikan penyuluhan dan sosialisasi kesehatan kepada narapidana, berkoordinasi sekaligus bekerjasama dengan instansi kesehatan untuk jaminan kesehatan, sehingga menciptakan kenyamanan hidup dan kondusifitas di dalam Lapas. Kata Kunci: Lembaga Pemasyarakatan, Pemenuhan Hak, Narapidana, Penyakit Menular; "

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052101
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username dedygusro
Date Deposited: 23 Oct 2021 08:26
Last Modified: 30 Jun 2022 04:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185488
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FH_Siti Jamaliah Saragih_17501010101111115 - Siti Jamaliah Saragih.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item