Pengaturan Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif Dalam Rangka Pembaharuan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia

El Sulthani, Raafi Hamzah and Dr. Nurini Aprilianda, S.H., M. Hum and Faizin Sulistio, S.H., LL.M. (2021) Pengaturan Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif Dalam Rangka Pembaharuan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulis mengangkat permasalahan mengenai pengaturan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif yang belum diatur dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI. Beberapa pengaturan tentang penghentian penuntutan dalam hukum positif di Indonesia belum memuat keadilan restoratif. Dengan dikeluarkan Peraturan Jaksa Nomor 15 Tahun 2020 memberi titik terang bahwa telah ada pengaturan mengenai penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif. Akan tetapi, Peraturan Jaksa dalam hierarki peraturan perundang-undangan di Indonesia Peraturan Jaksa tidak mempunyai kekuatan hukum yang kuat dan hanya mengikat internal kejaksaan. Pengerjaan artikel jurnal ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif, dengan metode pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Peneliti memperoleh jawaban bahwa urgensi pengaturan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif dalam rangka pembaharuan Undang-Undang Kejaksaan adalah untuk memberikan kekuatan mengikat yang universal dan agar memiliki tingkatan tinggi dalam hierarki Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia serta mengurangi permasalahan Over Capacity Rumah Tahanan atau Lapas di Indonesia, mengurangi jumlah perkara dan juga mengurangi beban anggaran negara untuk penanganan perkara. Peneliti berpendapat bahwa dalam rangka mengedepankan keadilan restoratif, perlu adanya pembaharuan terhadap Undang-Undang Kejaksaan dan Peraturan Jaksa Nomor 15 Tahun 2020 sehingga pengaturan mengenai penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif di masa yang akan datang dapat lebih memberikan kepastian hukum dan kemanfaatan.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052101
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username dedygusro
Date Deposited: 23 Oct 2021 08:19
Last Modified: 30 Jun 2022 04:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185485
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FH_RAAFI HAMZAH EL SULTHANI_175010100111163 - RAAFI HAMZAH EL SULTHANI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item