Pengaruh Label Halal, Harga PRoduk, dan Pendapatan Terhadap Konsumsi Produk Skincare Pembersih Wajah (Studi pada Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UB Angkatan 2017)

Andaruni B P, Amarissa (2021) Pengaruh Label Halal, Harga PRoduk, dan Pendapatan Terhadap Konsumsi Produk Skincare Pembersih Wajah (Studi pada Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UB Angkatan 2017). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seakan menjadi suatu fenomena baru, beberapa tahun belakangan terjadi peningkatan pada sektor industri kosmetik begitu signifikan di Indonesia. Diketahui bahwa tahun 2017, industri kosmetik nasional bertumbuh sebesar 20% yakni sebesar 4 kali lebih tinggi pertumbuhan ekonomi nasional di tahun 2017 (Kemenperin, 2018). Tidak dipungkiri hal tersebut terjadi karena banyaknya permintaan pasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada produk perawatan tubu. Namun sangat disayangkan karena masih banyak masyarakat yang mengabaikan pentingnya kehalalan produk serta minimnya pengetahuan dan pemahaman konsumen atas suatu produk yang bersertifikat halal MUI, menjadikan dilakukan penelitian ini agar konsumen lebih selektif dalam memilih produk yang akan dikonsumsi melalui konsumsi mahasiswa terutama pada skincare pembersih wajah. Selain skincare berlabel hala, terdapat beberapa variabel lain yang dapat mempengaruhi konsumen dalam mengonsumsi skincae pembersih wajah yaitu harga produk dan pendapatan. Dimana lokasi penelitian yang dipilih adalah Universitas Brawijaya dengan 40 sampel penelitian pada mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi FEB Universitas Brawijaya untuk angkatan 2017. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan teori preferensi konsumen, teori konsumsi, teori konsep halal, dan teori pendapatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh dari variabel label halal, harga produk dan pendapatan terhadap konsumsi produk skincare pembersih wajah. Berdasarkan hasil analisis regresi logistik menggunakan program SPSS 21, menunjukkan bahwa variabel label halal dan harga produk memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap konsumsi produk skincare pembersih wajah. Sedangkan variabel pendapatan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan signifikan terhadap konsumsi produk skincare pembersih wajah.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052102
Uncontrolled Keywords: Konsumsi, Skincare Pembersih Wajah, Label Halal, Pendapatan, Harga Produk
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 23 Oct 2021 06:03
Last Modified: 03 Oct 2024 06:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185382
[thumbnail of Anugrahanti Andaruni B P.pdf] Text
Anugrahanti Andaruni B P.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item