Literature Review: Analisis Pemasaran Ikan Lele Segar Konsumsi (Clarias sp)

Rizky Pradana, Dimas (2021) Literature Review: Analisis Pemasaran Ikan Lele Segar Konsumsi (Clarias sp). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan lele menjadi salah satu komoditas perikanan budidaya air tawar yang memiliki prospek yang baik. Banyaknya masalah pemasaran ikan lele menjadi kendala utama dalam melakukan usaha pemasaran ikan lele. Literature review ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, marjin pemasaran, biaya pemasaran, efisiensi dan strategi pemasaran ikan lele segar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dengan systematic literature review yaitu proses pencarian sumber pustaka yang relevan dengan tujuan penulisan baik internasional maupun nasional. Hasil literature review menunjukkan bahwa terdapat perbedaan saluran pemasaran di Negara Indonesia dan Nigeria umumnya saluran pemasaran terdapat dua jenis yaitu dengan pedagang perantara dan tanpa pedagang perantara. Nilai marjin pemasaran budidaya ikan lele di Negara Indonesia dan Nigeria berbeda. Besarnya biaya pemasaran di Negara Nigeria dan Indonesia berbeda hal ini disebabkan oleh saluran pemasaran dan volume penjualan. Pemasaran ikan lele sudah efisien namun beberapa masih ada yang belum efisien. Salah satu strategi pemasaran yang dapat diterapkan adalah strategi agresif yaitu pemasaran ikan lele ini memaksimalkan kekuatan yang ada dan mampu menangkap peluang yang ada di sekitar usaha budidaya ikan lele.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: agung
Date Deposited: 23 Oct 2021 05:59
Last Modified: 24 Feb 2022 04:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185376
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dimas Rizky Pradana.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item