Strategi Kepemimpinan Organisasi Publik Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang)

Makatita, Safira Tirza Yeria (2021) Strategi Kepemimpinan Organisasi Publik Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Situasi pandemi pada tahun 2020 dengan adanya virus Covid-19, membuat beberapa perubahan signifikan dalam pelaksanaan kehidupan umat manusia. Kementerian Agama Kabupaten Malang menyikapi perubahan dengan kebiasaan normal baru yang sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat. Pemimpin sebagai peran terpenting dalam menentukan arah perubahan penyesuaian yang ada. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi kepemimpinan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang sebagai organisasi publik dalam meningkatkan kinerja pegawai di masa pandemi Covid-19, (2) menjelaskan kendala yang dihadapi selama pandemi Covid-19, (3) menjelaskan solusi dari penerapan strategi kepemimpinan dalam meningkatkan pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti akan mengetahui bagaimana selama ini pemimpin mengolah dan mengatur strategi yang diambil dalam meningkatkan kinerja pegawai di masa pandemic Covid-19. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemimpin kantor dan pemimpin tiap seksi di Kementerian Agama menjadi responden dan turut melibatkan beberapa pegawai kantor Kementerian Agama yang ada di tiap seksi untuk melihat dan mendeskripsikan strategi yang sudah dijalankan. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan pada Kementerian Agama Kabupaten Malang ditinjau dari 4 dimensi strategi keterlibatan pegawai secara penuh. Adapun kendala yang dihadapi mengenai pendanaan, ketersediaan sumber daya manusia pasca purnanya beberapa pegawai, serta ketidakpastian adanya virus ini dan respon publik terhadap informasi yang diberikan. Solusi yang dilakukan yaitu dengan melibatkan stakeholder seperti Bank, dan mutasi jabatan terkait sumber daya manusia dan penerapan protokol kesehatan yang ketat hingga menjadi kebiasaan dalam menghadapi ketidakpastian tersebut.

English Abstract

The pandemic situation in 2020 until today with the Covid-19 virus, has made some significant changes in the implementation of human life. The Ministry of Religion of Malang Regency is responding to changes with new normal habits accordance with Presidential Decree Number 11 of 2020 Concerning the Determination of Public Health Emergency. Leaders as the most important role in determining the direction of change in existing adjustments. The purpose of this study is to (1) find out and describe how the leadership strategy of the Malang Regency Ministry of Religion as a Public Organization in improving employee performance during the Covid-19 pandemic, (2) explaining the obstacles and challenges faced during the Covid-19 pandemic, (3) explains the solution of implementing leadership strategies in improving public services. This study uses a descriptive research method with a qualitative approach. Researches will find out how so far leaders have processed and managed strategies taken to improve employee performance during the Covid-19 pandemic. Data was collected by observation, interviews, and documentation. Office leader and leaders of each section in the Ministry of Religion became respondents and involved several employees of the Ministry if Religion office in each section to see and describe the strategies that had been implemented. The results of the research as a whole indicate that the leadership strategy at the Ministry of Religion of Malang Regency in terms of 4 dimensions of full employee involvement stratey, has been running well, and implementing targeted communication. The obstacles faced regarding funding, the availability of human resources after the retirement of several employess, as well as the challenges faced were the uncertainty of the existence of this virus and the public’s response to the information provided. The solution is to involve stakeholders such as banks, and transfer positions related to human resources and the application of strict health protocols to become a habit in dealing with these uncertainties.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Uncontrolled Keywords: Strategi kepemimpinan, kinerja pegawai, Covid-19", Leadership strategy, employee performance, Covid-19
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username dedyiskandar
Date Deposited: 23 Oct 2021 05:30
Last Modified: 23 Feb 2022 05:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185358
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FIA_SAFIRA TIRZA YERIA MAKATITA_175030100111037 - SAFIRA TIRZA YERIA MAKATITA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item