Penyusunan Manual dan Implementasi Cara Produksi Pangan yang Baik Untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT) pada Industri Keripik Tempe “Cak Mul” Cabang Singosari

Vina Damayanti, Yesica (2021) Penyusunan Manual dan Implementasi Cara Produksi Pangan yang Baik Untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT) pada Industri Keripik Tempe “Cak Mul” Cabang Singosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Keripik tempe goreng merupakan jajanan khas Kabupaten Malang. Salah satu produsen keripik tempe yang terkenal di Malang adalah Keripik Tempe dengan merek dagang “Cak Mul” cabang Singosari yang masih memproduksi tempe secara konvensional dalam skala Industri Rumah Tangga (IRT). Meski demikian, keripik tempe yang dihasilkan harus tetap aman dan bermutu. Pemenuhan standar mutu atau persyaratan keamanan pangan dapat dilakukan dengan menerapkan sistem Hazard Analysis Critical Control Points (HACCP) yang harus diawali dengan pelaksanaan persyaratan dasar (Prequisite Program) yakni, pedoman Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB) dengan alat bantu penerapan Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP). IRT keripik tempe Cak Mul telah memiliki sertifikat SPP-IRT dan nomor P-IRT yang merupakan bukti pemenuhan CPPB. Namun, meski telah memiliki sertifikat tersebut, CPPB tetap harus diterapkan dan dipantau secara berkelanjutan. Pada industri Keripik Tempe “Cak Mul” sendiri masih ditemukan ketidaksesuaian pada 14 elemen dari 14 elemen CPPB yang diperiksa. Oleh karena itu, perlu dibuat manual CPPB sebagai bentuk pengembangan, pengimplementasian serta pendokumentasian PRP yang merupakan pondasi dari sistem manajemen keamanan pangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Alur pelaksanaan penelitian yaitu survei pendahuluan, analisis kesenjangan persyaratan CPPB dan SSOP terhadap persyaratan standar PerkaBPOM Republik Indonesia Nomor Hk.03.1.23.04.12.2206 Tahun 2012 Tentang Cara Produksi Pangan Yang Baik Untuk Industri Rumah Tangga dan regulasi dari Food and Drug Administration (FDA) serta National Seafood HACCP Alliance for Training and Education (NSHATE), merumuskan rancangan usulan perbaikan persyaratan CPPB dan SSOP, implementasi perbaikan persyaratan CPPB dan SSOP, evaluasi hasil implementasi perbaikan persyaratan CPPB dan SSOP dan pengujian cemaran mikrobiologi terhadap produk keripik tempe. Berdasarkan analisis kesenjangan, diperoleh rata-rata skor penerapan CPPB pada IRT Keripik Tempe Cak Mul “cabang Singosari” sebesar 62% dan rata-rata skor penerapan SSOP sebesar 51%. Sedangkan rata-rata hasil skor analisis kesenjangan yang didapat IRT Keripik Tempe Cak Mul cabang Singosari pasca implementasi perbaikan terhadap beberapa elemen CPPB menjadi 67% dan rata-rata skor analisis kesenjangan setelah implementasi perbaikan terhadap beberapa aspek kunci SSOP menjadi 57%, yang berarti bahwa penerapan program CPPB dan SSOP pada IRT Keripik Tempe Cak Mul Cabang Singosari masih harus diperbaiki agar memenuhi standar serta harus senantiasa meningkatkan keefektifan penerapan program tersebut."

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052110
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 23 Oct 2021 05:17
Last Modified: 23 Feb 2022 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185354
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FTP_YESICA VINA DAMAYANTI_175100101111004 - Yesica Vina.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item