"EKSPRESI INTERLEUKIN 1β DAN NF-kB TERHADAP PEMBERIAN PROBIOTIK Bifidobacterium sp PADA ORGAN JEJUNUM MENCIT (Mus musculus) MODEL DEPRESI YANG DIINDUKSI KORTIKOSTERON"

Nuha Syarifuddin, Ihza (2021) "EKSPRESI INTERLEUKIN 1β DAN NF-kB TERHADAP PEMBERIAN PROBIOTIK Bifidobacterium sp PADA ORGAN JEJUNUM MENCIT (Mus musculus) MODEL DEPRESI YANG DIINDUKSI KORTIKOSTERON". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Depresi merupakan gangguan yang mengakibatkan sistem imun menurun akibat adanya defisiensi neurotransmiter pada sinaps neuron di sistem saraf pusat. Depresi dapat mengganggu keseimbangan mikroflora dan kerusakan pada barier mukosa usus. Probiotik Bifidobacterium sp diberikan secara oral untuk menjaga keseimbangan flora normal dan meningkatkan aktivitas bakteri baik di dalam usus serta meningkatkan sistem imun tubuh. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efek probiotik Bifidobacterium sp sebagai upaya preventif depresi berdasarkan ekspresi IL-1β dan NF-kB pada organ jejunum mencit yang diinduksi kortikosteron. Sebanyak 20 ekor mencit strain DDY jantan dibagi 4 kelompok. Kelompok 1) kontrol negatif (21 hari), 2) induksi kortikosteron (21 hari) + Fluoxetine (14 hari), 3) induksi kortikosteron (21 hari) + terapi Bifidobacterium sp (14 hari), 4) Pemberian Bifidobacterium sp (14 hari) sebagai preventif kemudian induksi kortikosteron + Bifidobacterium sp (21 hari). Pemberian kortikosteron diberikan secara subcutan dengan dosis 20 mg/kgBB dan probiotik Bifidobacterium sp secara per oral dengan dosis 30 mg/kgBB. Data jumlah ekspresi IL-1β dan NF-kB dianalisa dengan One way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan pemberian probiotik Bifidobacterium sp dapat menurunkan tingkat ekspresi IL-1β dan NF-kB pada organ jejunum mencit. Hal ini ditunjukkan pada setiap kelompok perlakuan tidak menunjukkan perbedaan dibandingkan dengan kelompok kontrol negatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052113
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 23 Oct 2021 04:52
Last Modified: 24 Feb 2022 02:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185339
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FKH_IHZA NUHA SYARIFUDDIN_165130101111041 - Ihza Nuha Syarifuddin.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item