"Pengaruh Entertaiment, Informativeness, Creativity dan Advertising Value pada Iklan PPh 21 terhadap Kepatuhan Wajib Pajak"

Firmansyah, Dwiky (2021) "Pengaruh Entertaiment, Informativeness, Creativity dan Advertising Value pada Iklan PPh 21 terhadap Kepatuhan Wajib Pajak". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepatuhan wajib pajak dapat diartikan sebagai tunduk, taat dan patuhnya wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya sesuai dengan undang-undang perpajakan yang berlaku. Menurut data dari Kementerian Keuangan menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan masyarakat Indonesia dalam membayar pajak masih relatif rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak yaitu penggunaan iklan yang memberikan pengetahuna dan informasi yang jelas tentang pajak agar masyarakat sadar akan pentingnya membayar pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh faktor-faktor entertainment, informativeness, creativity dan advertising value terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian yaitu kecamatan Klojen Malang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan sampel sebanyak 100 (seratus) wajib pajak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa entertainment, informativeness, creativity dan advertising value pada iklan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak

English Abstract

Taxpayer compliance can be interpreted as being submissive, obedient and obedient to taxpayers in carrying out their tax rights and obligations in accordance with applicable tax laws. Data from the Ministry of Finance shows that the level of compliance of the Indonesian people in paying taxes is still relatively low. One way to improve taxpayer compliance is the use of advertisements that provide clear knowledge and information about taxes so that people are aware of the importance of paying taxes. This study aims to measure the influence of entertainment, informativeness, creativity and advertising value factors on taxpayer compliance. This research uses explanatory research with a quantitative approach. The research location is Klojen Malang district. The data used in this study is primary data using a questionnaire. This study uses multiple linear regression analysis with a sample of 100 (one hundred) taxpayers. The results of this study indicate that entertainment, informativeness, creativity and advertising value in advertising have a significant effect on taxpayer compliance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Uncontrolled Keywords: Tax, entertainment, informative, creativity, advertising value, compliance, : Pajak, hiburan , infotmatif , kreativitas, nilai iklan, kepatuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Unnamed user with username nurmasudah
Date Deposited: 23 Oct 2021 04:43
Last Modified: 25 Sep 2024 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185330
[thumbnail of Dwiky Firmansyah.pdf]
Preview
Text
Dwiky Firmansyah.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item