"Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019) "

Anisah, Lailatul (2021) "Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019) ". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keputusan pendanaan begitu penting bagi setiap organisasi bisnis. Pentingnya keputusan tersebut dikarenakan adanya pilihan kebutuhan antara memaksimalkan return (biaya modal) dengan kemampuan perusahaan dalam menghadapi lingkungan bisnis yang kompetitif. Keputusan pendanaan disebut juga dengan kebijakan struktur modal. Beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal perusahaan yaitu likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan. Di dalam keputusan tersebut para manajer keuangan dituntut untuk dapat mempertimbangkan perpaduan sumber-sumber dana yang paling ekonomis bagi perusahaan guna mendanai kebutuhan investasi serta kegiatan operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan pengaruh likuiditas yang signifikan terhadap struktur modal, 2) menjelaskan pengaruh profitabilitas yang signifikan terhadap struktur modal, 3) menjelaskan pengaruh ukuran perusahaan yang signifikan terhadap struktur modal, dan 4) menjelaskan pengaruh likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan secara simultan terhadap struktur modal. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Beberapa kriteria digunakan untuk menentukan sampel dan diperoleh 28 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang dipakai ialah analisis deskriptif yang berisi distribusi butir dari masing-masing variabel. Analisis selanjutnya ialah analisis regresi linier berganda yang dipakai untuk mengetahui besarnya hubungan dan pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Hasil uji regresi linier berganda didapat nilai F hitung sejumlah 155.138 dengan probabilitas 0.000. Nilai probabilitas tersebut lebih kecil dari tingkat signifikansi yang dipakai, yakni 5%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel CR (X1), ROE (X2), dan Size (X3) memberikan pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap DER (Y). Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa dua variabel independen, yakni CR (X1) dan ROE (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen, DER masing-masing tingkat signifikansinya senilai 0,000; dan 0,000. Variabel Size (X3) mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap variabel DER, dikarenakan tingkat signifikansinya senilai 0,385 lebih tinggi daripada tingkat signifikansi yang dipakai, yakni 0,050 (5%). "

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username dedyiskandar
Date Deposited: 23 Oct 2021 03:49
Last Modified: 25 Feb 2022 03:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185293
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FIA_Lailatul Anisah_145030201111131 - LAILATUL ANISAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item