Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Publik dalam Pembuatan E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan

Octaviany, Annisa Rahma (2021) Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Publik dalam Pembuatan E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akuntabilitas kinerja pelayanan publik dalam pembuatan E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan dinilai belum dapat berjalan dengan baik. Akuntabilitas memiliki peran untuk melihat tingkat kesesuaian dan tolak ukur kinerja dalam peyelenggaraan pelayanan publik. Sebagaimana dengan pelayanan pembuatan E-KTP yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan pada saat ini masih ditemui beberapa permasalahan dan keluhan yang diajukan oleh masyarakat yang berhubungan dengan rendahnya akuntabilitas kinerja pelayanan pembuatan E-KTP yang dinilai belum akuntabel dan menghambat proses pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat Kota Tangerang Selatan. Hal ini ditunjukan dengan adanya keluhan dari masyarakat mengenai pelaksanaan sistem dan prosedur pelayanan yang kurang efektif, berbelit-belit, dan lamban serta tidak tersedianya blanko untuk pencetakan E-KTP. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai proses dan pencapaian akuntabilitas kinerja pelayanan pembuatan E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualiltatif. Lokasi penelitian ini adalah Kota Tangerang Selatan dan situs penelitian ini adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model yang dikemukakan oleh Burhan Bungin yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, verivikasi, dan penegasan kesimpulan yang dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu 1. Akuntabilitas kinerja pelayanan publik dalam pembuatan E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan 2. Faktor pendukung dan penghambat dalam proses pencapaian akuntabilitas kinerja pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa akuntabilitas kinerja pelayanan publik dalam pembuatan E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan sudah berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku, prosedur, jangka waktu, biaya, target pencapaian program pelayanan E-KTP dan sudah memenuhi pertanggungjawaban terhadap Walikota dan Ditjen Dukcapil Kemendagri serta masyarakat. Namun dalam pelaksananya masih ditemukan beberapa aspek yang belum berjalan dengan sesuai. Salah satunya adalah dalam hal kedisiplinan. Hal ini dikarenakan masih ditemukan adanya pegawai yang terlambat hadir pada jam pelayanan sehingga membuat masyarakat harus menunggu lebih lama untuk dilayani. Adapun yang menjadi faktor penghambarnya adalah sarana dan prasarana dalam hal jaringan belum memadai, rendahnya partisipasi dan kesadaran masyarakat, dan kurangnya tingkat kedisiplinan pegawai dalam memberikan pelayanan Saran yang dapat peneliti berikan dalam pencapaian akuntabilitas kinerja pelayanan publik dalam pembuatan E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan adalah menyediakan alternatif jaringan, memberikan sanksi berupa surat peringatan terhadap pegawai yang melakukan pelanggaran kedisiplinan, meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Tangerang Selatan dalam pembuatan E-KTP dengan cara melakukan sosialisasi dan publikasi informasi.

English Abstract

Public service performance accountability in making E-KTP at the Department of Population and Civil Registration of South Tangerang City is considered not to be able to run well. Accountability has a role to see the level of conformity and performance benchmarks in the implementation of public services. As with the E-KTP making service organized by the South Tangerang City Population and Civil Registration Service, at this time there are still some problems and complaints submitted by the public related to the low accountability of the performance of the E-KTP making service which is considered not yet accountable and hampers the service process. population administration for the people of South Tangerang City. This is indicated by complaints from the public regarding the implementation of service systems and procedures that are less effective, convoluted, and slow as well as the unavailability of forms for printing E-KTPs. Based on this, the researcher wants to find out more about the process and achievement of accountability for the performance of the E-KTP service at the South Tangerang City Population and Civil Registration Office and its supporting and inhibiting factors. The type of research used in this research is descriptive research with a qualitative approach. The location of this research is South Tangerang City and the site of this research is the Department of Population and Civil Registration of South Tangerang City. This research uses interview, observation, and documentation methods. The data analysis used is the data analysis model proposed by Burhan Bungin which consists of data collection, data reduction, data display, verification, and confirmation of conclusions which are limited by two research focuses, namely 1. Accountability of public service performance in making E-KTP at the Office Population and Civil Registration of South Tangerang City 2. Supporting and inhibiting factors in the process of achieving accountability for public service performance at the Department of Population and Civil Registration of South Tangerang City. The results of the research conducted indicate that the accountability of public service performance in making E-KTP at the South Tangerang City Population and Civil Registration Service has been running in accordance with applicable regulations, procedures, time periods, costs, targets for achieving the E-KTP service program and has fulfilled the responsibility. against the Mayor and the Directorate General of Dukcapil, Ministry of Home Affairs and the community. However, in its implementation there are still some aspects that have not been running properly. One of them is in terms of discipline. This is because there are still employees who are late for service during service hours, making people have to wait longer to be served. The inhibiting factors are inadequate network facilities and infrastructure, low community participation and awareness, and lack of employee discipline in providing services. Suggestions that researchers can give in achieving accountability for public service performance in making E-KTP at the South Tangerang City Population and Civil Registration Service are to provide alternative networks, provide sanctions in the form of warning letters to employees who commit disciplinary violations, increase public awareness of South Tangerang City in making E-KTP by socializing and publishing information.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Uncontrolled Keywords: : Akuntabilitas, Kinerja, Pelayanan Publik, Kota Tangerang Selatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Accountability, Performance, Public Service, South Tangerang City, Department of Population and Civil Registration
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username dedyiskandar
Date Deposited: 23 Oct 2021 03:43
Last Modified: 23 Feb 2022 06:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185283
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Skripsi_FIA_Annisa Rahma Octaviany_175030100111055 - Annisa Rahma Octaviany.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item