Analisis Kandungan Asam Lemak Esensial dan Turunannya Pada Minyak Ikan Tuna (Thunnus sp)

Chandra Hardiana, Aprilia and Eko Waluyo, S.Pi. M.Sc., - (2021) Analisis Kandungan Asam Lemak Esensial dan Turunannya Pada Minyak Ikan Tuna (Thunnus sp). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Asam lemak esensial merupakan asam lemak yang tidak bisa disintesis oleh tubuh yang berfungsi sebagai pertumbuhan dan sebagai fungsi normal pada semua jaringan. Asam lemak esensial termasuk pada jenis asam lemak tak jenuh yang terdiri atas omega 6 (asam linoleat) dan omega 3 (asam linoleat). Ikan tuna merupakan jenis ikan yang banyak ditangkap diperairan Indonesia maka berbanding lurus dengan tingginya jumlah limbah yang dihasilkan dari proses pengolahan ikan tuna. Limbah tersebut dapat dimanfaatkan karena didalam limbah ikan tuna masih mengadung asam lemak esensial dan turunannya sehingga berpotensi untuk dijadikan sebagai minyak ikan untuk memenuhi kebutuhan asam lemak esensial dalam tubuh. Metode yang digunakan dalam review yaitu sistematis review angkah dalam mengerjakan review literature yaitu memnentukan topik, pembuatan judul, menentukan tujuan, pencraian sumber pustaka yang sesuai dengan topik dan penulisan. Hasil dari analisis kandungan asam lemak esensial pada minyak limbah ikan tuna (Thunnus sp)menggunakan metode soxhlet menggunakan metode soxhlet yaitu jumlah asam lemak esensial pada limbah kepala sebesar 2,7%, pada limbah mata sebesar 0,82%, pada limbah kulit sebesar 2,9%. Kandungan turunan asam lemak esensial pada minyak limbah ikan tuna (Thunnus sp) bagian kepala sebesar 24,2%, pada limbah mata sebesar 9,75% dan pada limbah kulit sebesar 21,6%."

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Depositing User: agung
Date Deposited: 22 Oct 2021 14:21
Last Modified: 23 Feb 2022 02:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185196
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
APRILIA CHANDRA HARDIANA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item