Korelasi Anime Dengan Tingkat Kelulusan Jlpt Mahasiswa Program Studi Bahasa Jepang Di Universitas Brawijaya

Ghifari, Muhammad Zain (2021) Korelasi Anime Dengan Tingkat Kelulusan Jlpt Mahasiswa Program Studi Bahasa Jepang Di Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi anime dengan tingkat kelulusan JLPT pada mahasiswa program studi bahasa Jepang di Universitas Brawijaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori minat, motivasi belajar, dan JLPT, sebagai indikator yang nantinya dikembangkan menjadi soal kuesioner dengan tujuan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian survey. Penelitian ini juga menggunakan angket sebagai metode untuk mengumpulkan data yang nantinya hasil data akan dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment pearson untuk mengetahui tingkat korelasi antara anime dengan tingkat kelulusan JLPT. Hasil penelitian ini adalah semua responden yang diteliti membuktikan bahwa memiliki minat terhadap anime dan termotivasi untuk belajar bahasa Jepang setelah menonton anime. Kemudian, menonton anime juga dapat membantu untuk mengerjakan soal JLPT kategori goi, bunpou, dan choukai. Pengaruh dari anime dan kelulusan JLPT pada mahasiswa program studi bahasa Jepang di Universitas Brawijaya juga terbukti adanya dengan tingkat korelasi sedang. Dapat disimpulkan bahwa anime dapat meningkatkan tingkat kelulusan JLPT. Hal ini juga tidak lain karena dukungan dari motivasi belajar yang didapat dari anime yang menstimulus penontonnya. Agar wawasan yang telah didapat dari anime secara tidak langsung tersebut dapat ditunjang dengan kegiatan belajar agar meraih hasil yang lebih maksimal

English Abstract

-

Other obstract

この研究はブラウィジャヤ大学で日本語を専攻するJLPT学生の卒業率 にアニメが与える相関を知ることを目的としています。この研究では興 味の理論や学習意欲の理論や JLPT の理論を使用しています、その理論は 研究でデータを収集する目的として、アンケートに展開される指標とし て。 この研究では、記述的定量的アプローチを使用して調査研究を使用し ています。この調査では、データを収集する方法としてアンケートも使 用しています。このデータは、ピアソン製品モーメント相関式を使用し て分析され、アニメと JLPT の卒業率の関係が分かっています。 この調査の結果は、回答者が、アニメに興味があり、アニメを見た後 に日本語を学ぶ意欲があることを証明しています。そして、アニメを見 ることは語彙や文法や聴解の JLPT 問題に役に立ちます。ブラウィジャヤ 大学で日本語を専攻する JLPT 学生の卒業率にアニメが与える相関も中程 度の相関関係で存在することが証明されています アニメはJLPTの合格率を上げることができると結論付けることができ ます。これはまた、視聴者を刺激するアニメから得られる学習意欲から の支援によるものです。アニメから得られた洞察を、最大の結果を達成 するための学習活動によって間接的にサポートできるようにするためで す。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 22 Oct 2021 08:20
Last Modified: 24 Feb 2022 01:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185131
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD ZAIN GHIFARI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item