Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Lahan Permukiman Di Kota Malang

Nahdliya Asri, Shofa (2021) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Lahan Permukiman Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur dengan jumlah penduduk pada tahun 2019 sebanyak 927.285 jiwa. Keterbatasan lahan yang terdapat di Kota Malang semakin meningkat dengan bertambahnya jumlah penduduk. Lahan di pusat Kota Malang menjadi sebuah komoditas dengan jumlah terbatas dengan permintaan yang meningkat dari hari ke hari. Tingginya tingkat kebutuhan lahan di Kota Malang mengakibatkan pemerintah ingin mengadakan dan menyediakan rumah-rumah murah di Kota Malang. Dalam pelaksanaannya pemerintah berperan untuk merencanakan pengembangan permukiman di Kota Malang, yang menyangkut dengan kebutuhan akan lahan untuk bermukim. Permasalahan yang terdapat diwilayah studi adalah harga lahan yang bervariasi pada wilayah pusat kota dan sub pusat kota, dimana harga lahan tinggi dipengaruhi oleh nilai lahan, maka dari itu tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi harga lahan permukiman pada lahan rumah di Kota Malang dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Faktor yang mempengaruhi harga lahan permukiman adalah luas bangunan, luas lahan, status kepemilikan, ketersediaan jaringan listrik, ketersediaan jaringan telekomunikasi, ketersediaan jaringan air bersih, jarak ke pusat kota, jarak ke jalan utama, jarak ke kantor pemerintah dan jarak ke sarana pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi untuk pemerintah terkait dengan pengembangan permukiman di Kota Malang.

English Abstract

Malang City is the second-largest city in East Java Province with a population in 2019 of 927,285 people. The limited land found in Malang City is increasing with the increasing population. Land in the center of Malang City becomes a commodity with limited quantities with increasing demand from day today. The high level of land demand in Malang City has resulted in the government wanting to procure and provide cheap houses in Malang City. In its implementation, the government plays a role in planning settlement development in Malang City, which is related to the need for land to live in. The problem in the study area is the varying price of land in the city center and sub-city center, where high land prices are influenced by land values, therefore this study aims to determine the factors that affect the price of residential land on residential land in the city. Malang by using multiple linear regression analysis. Variables that affect the price of residential land are building area, land area, ownership status, electricity network, telecommunication network, water network, distance to the city center, distance to main roads, distance to government offices, and distance to educational facilities. Factor that affect the price of residential land in Malang City iare building area, land area, electricity network, and water network. Based on the results of this study, it can be used as a recommendation for the government regarding the development of settlements in Malang City.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 720
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Unnamed user with email gaby
Date Deposited: 22 Oct 2021 07:53
Last Modified: 23 Feb 2022 07:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185111
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SHOFA NAHDLIYA ASRI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB) | Request a copy

Actions (login required)

View Item View Item