Strategi Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2019 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Chukyu Choukai I

Widjaya, Mohammad Ramang (2021) Strategi Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2019 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Chukyu Choukai I. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pembelajaran daring chukyu choukai I yang telah diikuti oleh mahasiswa pendidikan bahasa angkatan 2019 kelas A dan kelas B selama pandemi covid-19. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran interaktif berbasis e-learning yang digunakan sebagai sarana pembelajaran selama pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi belajar yang telah digunakan mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2019 dalam mengikuti pembelajaran daring mata kuliah Chukyu Choukai I. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan mendeskriptifkan penelitian dan memberikan gambaran secara meluas sehingga mendapatkan pemahaman baru dengan menggunakan desain penelitian fenomenologi untuk mempelajari secara interatif mengenai pengalaman dalam mengikuti chukyu choukai I secara daring. Dengan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, mengumpulkan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat ditemukan bahwa dalam strategi pembelajaran daring chukyu choukai I memiliki strategi belajar individu, kelompok dan dosen serta dipengaruhi beberapa faktor antara lain jaringan, perangkat, suasana rumah

English Abstract

-

Other obstract

-この研究は、COVID-19 パンデミックの際に語学教育のクラス A と クラス B の生徒が受講したオンライン学習「中級聴解1」が動機となって いる。オンライン学習とは、COVID-19 パンデミックの際に学習ツールと して使用された、e-learning を利用したインタラクティブな学習のことで ある。本研究の目的は、日本語教育学科の二年生、「中退共Ⅰ」のオンラ イン学習に参加する際、どのような学習戦略を用いているかを明らかにす ることである。本研究で用いた研究手法は、現象学的研究デザインを用い て、オンラインでの「中級聴解1」への参加経験について対話的に学ぶこ とで、新たな理解を得るために研究内容を記述し、大まかな概要を提供す る記述的質的研究であり、観察の実施、アンケートの収集、文書化による データ収集手法を用いています。本研究の結果、中級者向けオンライン学 習戦略には、個人学習戦略、グループ学習戦略、講師学習戦略があり、ネ ットワーク、デバイス、家庭の雰囲気など、いくつかの要因に影響されて いることがわかった。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 22 Oct 2021 07:41
Last Modified: 11 Oct 2024 02:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185099
[thumbnail of MOHAMMAD RAMANG WIDJAYA_unlocked (1).pdf] Text
MOHAMMAD RAMANG WIDJAYA_unlocked (1).pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item