Penetapan Status Darurat Bencana dalam Penanggulangan Dampak Pandemi COVID-19 Ditinjau Dari Perspektif Hukum Tata Negara Darurat

Humaira, Sajida (2021) Penetapan Status Darurat Bencana dalam Penanggulangan Dampak Pandemi COVID-19 Ditinjau Dari Perspektif Hukum Tata Negara Darurat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Penetapan status darurat bencana nasional dan status kedaruratan Kesehatan masyarakat merupakan opsi yang diambil pemerintah dalam menghadapai situasi darurat pandemi COVID-19. Kedua status tersebut ditetapkan dengan kerangka hukum kebencanaan yang berlaku di Indonesia. Di sisi lain pengaturan mengenai bencana juga dapat ditemukan di Undang-Undang Keadaan Bahaya yang apabila status darurat ditetapkan dapat mengaktifkan kewenangan luar biasa dalam penanganan darurat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterkaitan antara kedua status darurat tersebut dengan keadaan bahaya berdasarkan Pasal 12 UUD NRI 1945 beserta implikasi hukumnya. Selain itu, penelitian ini juga melihat kerangka hukum penanggulangan dampak pandemi COVID-19 di Indonesia. Metode yang digunakan adalah penelitian normatif dengan pendekatan analisis, pendekatan perundang-undangan, dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaturan mengenai bencana dan keadaan bahaya tidak bisa dilepaskan antara satu sama lain. Keduanya memiliki ciri kedaruratan meskipun dengan kerangka penangana yang berbeda. Namun, pemerintah cenderung melihat bencana sebagai bagian yang terpisah keadaan bahaya berdasarkan Pasal 12. Hal ini terlihat dari pilihan pemerintah untuk tidak menjadikan Pasal 12 sebagai landasan konstitusional dalam penetapan status darurat penanggulangan pandemi COVID-19. Akibatnya, kewenangan luar biasa tidak dapat diberlakukan dan aturan hukum yang dibentuk dalam rangka penanggulangan Pandemi COVID-19 akan berlaku seterusnya meskipun status darurat telah dicabut. Dalam hal ini pemerintah menggunakan Undang-Undang Penanggulangan Bencana, Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan, dan Perpu Nomor 1 Tahun 2020 sebagai landasan hukum utama.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052101
Uncontrolled Keywords: Bencana, Keadaan Bahaya, Darurat, Pandemi COVID-19.,
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username lilik
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:07
Last Modified: 25 Feb 2022 00:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185011
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sajida Humaira.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (63MB)

Actions (login required)

View Item View Item