Peran Perceived Risk dan Memorable Tourism Experience Sebagai Mediasi Hubungan Destination Image Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Ke Ekowisata Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna Malang Pasca Pandemi COVID-19.

Faturrahman, Achmad Deri and Dr. Zainal Abidin, S.Pi., MP., MBA, - (2021) Peran Perceived Risk dan Memorable Tourism Experience Sebagai Mediasi Hubungan Destination Image Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Ke Ekowisata Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna Malang Pasca Pandemi COVID-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Salah satu sektor yang terkena dampak oleh adanya pandemi COVID-19 adalah sektor pariwisata. Ketika perjalanan internasional dilakukan penutupan, pariwisata domestik sebagai alternatif sarana untuk berwisata ketika pembatasan sosial sudah tidak diberlakukan. Fenomena tersebut dapat dijadikan untuk mengembangkan wisata alam. Salah satu destinasi ekowisata di Jawa Timur yang menerapkan protokol kesehatan ialah CMC Tiga Warna Malang. Meskipun demikian jumlah kunjungan wisatawan di destinasi tersebut masih mengalami penurunan kunjungan wisatawan. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk menganalisa: (1) pengaruh destination image minat berkunjung kembali wisatawan ke CMC Tiga Warna, (2) dampak perceived risk sebagai mediator antara destination image dan minat berkunjung kembali, dan (3) dampak memorable tourism experience sebagai mediator antara destination image dan minat berkunjung kembali. Populasi penelitian ini adalah wisatawan domestik yang sedang atau pernah berkunjung ke ekowisata CMC Tiga Warna. Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling dengan karakteristik sampel pengunjung yang sedang atau pernah berkunjung ke CMC Tiga Warna dalam rentang waktu tahun 2019-2021 dan berusia minimal 17 tahun dengan sampel sebanyak 120 wisatawan. Penelitian ini dilakukan pada Bulan April-Mei 2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan alat analisis Warp-PLS 7.0 SEM (Structural Equation Model). Pengambilan data meliputi primer dan sekunder, sedangkan pengumpulan data primer dengan survei melalui instrumen kuesioner dan data sekunder melalui studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa destination image berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali. Selain itu, uji mediasi dilakukan dengan menggunakan uji sobel dan jalur pengaruh tidak langsung didapatkan hasil bahwa perceived risk bukan mediasi antara destination image dan minat berkunjung kembali, sementara itu memorable tourism experience terbukti menjadi mediasi sebagian. penelitian ini juga memperluas theory of reasoned action dan menemukan konsep baru terkait protection motivation theory. Kesimpulan yang didapatkan adalah destination image berpengaruh nyata terhadap minat berkunjung kembali baik secara langsung maupun diikuti oleh memorable tourism experience dan destination image yang diikuti perceived risk berpengaruh tidak menentukan minat berkunjung kembali. Saran pada penelitian ini adalah pengelola dapat meningkatkan destination image dan memorable tourism experience untuk meningkatkan minat berkunjung kembali wisatawan, selain itu meskipun perceived risk berpengaruh tidak nyata disarankan kepada pengelola untuk tetap memperhatikan perceived risk yang ada "

English Abstract

One of the sectors affected by the COVID-19 pandemic is the tourism sector. When international travel is closed, domestic tourism is an alternative means to travel when social restrictions are no longer enforced. This phenomenon can be used to develop natural tourism. One of the ecotourism destinations in East Java that implements the health protocol is CMC Tiga Warna Malang. However, the number of tourist visits to these destinations is still experiencing a decline in tourist arrivals. The purpose of this thesis research is to analyze: (1) the effect of destination image on the revisit intention tourists to CMC Tiga Warna, (2) the impact of perceived risk as a mediator between destination image and revisit intention, and (3) the impact of memorable tourism experience as a mediator between destination image and revisit intention. The population of this study is domestic tourists who are currently or have visited the CMC Tiga Warna ecotourism. Sampling was carried out by accidental sampling with the characteristics of a sample of visitors who were or had visited CMC Tiga Warna in the period 2019-2021 and were at least 17 years old with a sample of 120 tourists. This research was conducted in April-May 2021. The method used in this study is a quantitative descriptive method using descriptive and inferential statistics with the Warp-PLS 7.0 SEM (Structural Equation Model) analysis tool. Data collection includes primary and secondary, while primary data collection by survey through questionnaire instruments and secondary data through literature study. The results of this study indicate that the destination image has a significant effect on the revisit intention. In addition, the mediation test was carried out using the Sobel test and the indirect effect path. The results showed that perceived risk was not a mediation between destination image and revisit intention, meanwhile memorable tourism experiences proved to be partial mediation. This study also expands the theory of reasoned action and finds new concepts related to protection motivation theory. The conclusion obtained is that the image of the destination has a significant effect on the minat berkunjung kembali either directly or followed by a memorable tourist experience and the image of the destination followed by the perception of risk does not determine the revisit intention. Suggestions in this study are managers can improve the image of destinations and memorable tourist experiences to increase interest tourists revisit intention, in addition, even though the perception of risk has no real effect, it is recommended that managers continue to pay attention to existing risk perceptions.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: agung
Date Deposited: 22 Oct 2021 05:27
Last Modified: 03 Oct 2024 08:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184994
[thumbnail of Achmad Deri Faturrahman.pdf] Text
Achmad Deri Faturrahman.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item